Penguatan Literasi Melalui ICT pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS)

Hasibuan, Nikmah Sari and Ariyanti, Tri Dina (2019) Penguatan Literasi Melalui ICT pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 111-117. ISSN 978-623-92504-4-7

[thumbnail of 20. Fulltext.pdf]
Preview
Text
20. Fulltext.pdf - Published Version

Download (452kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penguatan literasi melalui ICT pada mahasiswa Univeristas Muhammadiyah Tapanuli selatan (UMTS). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan dosen dan mahasiswa Program studi Bahasa Indonesia semester Tiga Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan. Peneliti melakukan penguatan literasi melalui ICT. Dosen dan mahasiswa lebih dominan dalam penguatan literasi menggunakan ICT dibandingkan dengan media cetak. Penguatan literasi melalui ICT terdiri dari komponen kompetensi individu dalam bentuk keterampilan penggunaan, pemahaman kritis, dan kemampuan komunikatif. Adapun populasi penelitian ini adalah semua mahasiswa bahasa Indonesia Universitas Muhahmmadiyah Tapanuli Selatan tahun ajaran 2018-2019. Sampel dalam penelitian adalah 3 dosen bahasa Indonesia beserta mahasiswa semester tiga program studi bahasa Indonesia berjumlah 28 mahasiswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy
T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 16 Mar 2020 03:14
Last Modified: 16 Mar 2020 03:14
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38959

Actions (login required)

View Item
View Item