UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH DENGAN PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH SEBAGAI MEDIA BELAJAR

Tanjung, Samsidar and Syarifah (2019) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH DENGAN PEMANFAATAN SUMBER SEJARAH SEBAGAI MEDIA BELAJAR. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of Peer Reviewer.pdf]
Preview
Text
Peer Reviewer.pdf - Published Version

Download (789kB) | Preview
[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 65.pdf]
Preview
Text
ATP 65.pdf - Published Version

Download (934kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk melihat hasil belajar Sejarah Indonesia III pada mahasiswa dengan sumber
belajar sebagai media pembelajaran untuk mengembangkan kompetensi dan kreatifitas mahasiswa.
Upaya yang dilakukan adalah melalui perbaikan pembelajaran melalui media ajar untuk memperkaya
metode pembelajaran. Subjek penelitian seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah FIS
Unimed yang sedang mengikuti Mata Kuliah Sejarah Indonesia III. Penelitian yang dilakukan adalah
Penelitian Tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan mutu pembelajaran yang
berdampak pada peningkatan minat belajar dan kompetensi (nilai) dan meningkatkan mutu
pembelajaran. Hasil penelitian pembelajaran melalui sumber belajar berupa situs-situs sejarah dan
bangunan sejarah serta arsip dan dokumen yang dapat memberi informasi sebagai sumber belajar dan
media pembelajaran dan dapat memotivasi belajar mandiri meningkatkan hasil pembelajaran pada
pre tes siklus I 69,85, pada post tes siklus I 92,74. Dari hasil tes berarti pembelajaran dengan
menggunakan sumber belajar yang terdapat dilingkungan, mempunyai dampak yang signifikan untuk
meningkatkan hasil belajar, keterlibatan langsung anak untuk menemukan sendiri sangat bermanfaat
dan bermakna untuk mahasiswa. Diharapkan dapat membantu mahasiswa untuk mengatasi kesulitankesuliran
belajar dalam pembelajaran Sejarah Indonesia III untuk meningkatkan mutu pembelajaran
secara sistematik dan terencana sehingga mutu hasil belajar juga dapat meningkat.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Sumber Sejarah; Media Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 13 Mar 2020 03:20
Last Modified: 30 Jun 2022 13:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38933

Actions (login required)

View Item
View Item