Hafizah, Husnul and Utama, Agus and Saragih, Novita Sari (2019) Peran Gerakan Literasi Di Sekolah Dalam Membentuk Minat Baca Siswa Di Sma Kartika I-2 Medan. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia II, 2. pp. 81-88. ISSN 978-623-92504-4-7
15. Fulltext.pdf - Published Version
Download (760kB) | Preview
Abstract
Minat baca peserta didik begitu berkurang dihampir semua sekolah rasakan. Pemanfaatan teknologi informasi menjadi salah satu cara yang digunakan pemerintah untuk memperbaiki mutu pendidikan Indonesia. Namun, pemanfaatan teknologi informasi yang tidak tepat menjadi salah satu penyebab kurangnya minat baca peserta didik saat ini. Gerakan literasi sekolah adalah salah satu upaya yang dilakukan oleh pemerintah Indonesia saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peran literasi yang diterapkan di sekolah dalam membentuk minat baca siswa di Sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan prosedur penelitian yang megahsilkan data deskriftif berupa kata kata tertulis maupun lisan dan orang-orang dan perilaku yang diamati. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket online . Angket adalah daftar pertanyaan atau pernyataan yang dikirimkan ke responden, baik dilakukan secara langsung maupun tidak langsung untuk mengumpulkan informasi secara lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan literasi yang dilakukan membuat siswa senang/bersemangat sebanyak 93,3%, kegiatan literasi berguna karena dapat menambah informasi untuk siswa sebanyak 100%, informasi yang dapatkan ketika berliterasi
membantu siswa dalam memahami materi mata pelajaran sekolah sebanyak 73%, banyaknya bahan bacaan yang di
sediakan sekolah membuat siswa bersemangat untuk membaca setiap hari sebanyak 40%, siswa dapat memberikan pendapat tentang apa yang saya baca ketika orang lain bertanya sebanyak 80%, kemudian pada pertanyaan Apakah kegitan literasi berguna untuk siswa? terdapat 14 sampel yang menunjukkan bahwa kegitan literasi berguna untuk menambah informasi. Kemudian pada pertanyaan, Dalam sehari berapa waktu yang anda habiskan untuk literasi/membaca, termasuk literasi dalam bentuk digital ? Terdapat 13 responden yang dapat membaca diatas 1 jam dalam sehari. Peran kegiatan atau Gerakan literasi ini sangat berguna dalam menumbuhkan minat siswa Diharapkan melalui gerakan literasi sekolah ini dapat meningkatkan kualitas Indonesia dengan meningkatkan minat baca peserta didik di sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) > LB1049 Reading (General) L Education > LC Special aspects of education > LC149 Literacy. Illiteracy |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Mar 2020 01:50 |
Last Modified: | 13 Mar 2020 01:50 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38927 |