Napitupulu, Wildah Romaito (2020) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbantuan Adobe Flash Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Kombinatorik dan Kemandirian Belajar Siswa. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176171036 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM. 8176171036 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (513kB) | Preview
3. NIM. 8176171036 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
4. NIM. 8176171036 PREFACE.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
5. NIM. 8176171036 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
6. NIM. 8176171036 TABLES.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
7. NIM. 8176171036 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 8176171036 APPENDIX.pdf - Published Version
Download (55kB) | Preview
9. NIM. 8176171036 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
13. NIM. 8176171036 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (415kB) | Preview
14. NIM. 8176171036 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (377kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan perangkat pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan adobe flash yang valid, praktis, dan efektif; 2) menganalisis kemampuan kombinatorik siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan adobe flash; 3) menganalisis kemandirian belajar siswa kelas XI MAN 2 Deli Serdang melalui perangkat pembelajaran yang dikembangkan dengan model pembelajaran berbasis masalah berbantuan adobe flash. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yakni tahap pertama pengembangan perangkat PBM-BAF dengan menggunakan model pengembangan 4-D, dan tahap kedua mengujicobakan perangkat PBM-BBJ yang dikembangkan di kelas XI-MIA 1 dan XI-MIA 2 MAN 2 Deli Serdang. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) Perangkat PBM-BAF yang dikembangkan valid dengan rata-rata total validitas RPP = 4,51, buku guru = 4,42, buku siswa = 4,58, LKPD = 4,42; 2) Perangkat PBM-BAF yang dikembangkan praktis, ditinjau dari: a) penilaian ahli/praktisi perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dinyatakan dapat diterapkan; b) hasil pengamatan keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah memenuhi kategori sangat tinggi dan lembar observasi keterlaksanaan perangkat pembelajaran telah dapat dikatakan baik; 3) Perangkat PBM-BAF yang dikembangkan efektif, ditinjau dari: a) ketuntasan belajar siswa secara klasikal; b) ketercapaian aktivitas siswa; c) respon siswa terhadap komponen-komponen perangkat pembelajaran dan kegiatan pembelajaran positif; 4) Peningkatan kemampuan kombinatorik siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BAF yang dikembangkan; 5) Pencapaian Kemandirian belajar siswa dengan menggunakan perangkat PBM-BAF yang dikembangkan pada uji coba II lebih baik dari uji coba I.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nap p |
Keywords: | pengembangan pembelajaran; model 4-d; pbm-baf; kombinatorik; kemandirian belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 10:54 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 10:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38917 |