Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP Swasta Taman Harapan Medan

Wahyuni, Dewi (2020) Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif pada Pembelajaran Teks Laporan Hasil Observasi untuk Siswa Kelas VII SMP Swasta Taman Harapan Medan. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1 NIM 8166192002 COVER.pdf]
Preview
Text
1 NIM 8166192002 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[thumbnail of 2 NIM 8166192002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2 NIM 8166192002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (281kB) | Preview
[thumbnail of 3 NIM 8166192002 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3 NIM 8166192002 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 4 NIM 8166192002 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4 NIM 8166192002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of 5 NIM 8166192002 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
5 NIM 8166192002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of 6 NIM 8166192002 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
6 NIM 8166192002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[thumbnail of 7 NIM 8166192002 DAFTAR GAMBAR.pdf]
Preview
Text
7 NIM 8166192002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[thumbnail of 8 NIM 8166192002 BAB I.pdf]
Preview
Text
8 NIM 8166192002 BAB I.pdf - Published Version

Download (451kB) | Preview
[thumbnail of 12 NIM 8166192002 BAB V.pdf]
Preview
Text
12 NIM 8166192002 BAB V.pdf - Published Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of 13 NIM 8166192002 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
13 NIM 8166192002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pengembangan instrumen penilaian afektif pada pembelajaran teks laporan hasil observasi siswa, (2) hasil validasi instrumen penilaian afektif pada pembelajaran teks laporan observasi siswa, dan (3) terpenuhinya kelayakan dan keefektifan instrumen penilaian afektif pada pembelajaran teks laporan hasil observasi untuk siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan Medan yang dikembangkan.
Populasi penelitian ini adalah 110 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 35 siswa kelas VII SMP Swasta Taman Harapan Medan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan instrumen penilain afektif sangat relevan dengan kebutuhan belajar siswa. Hasil validasi oleh ahli materi pada kelayakan instrumen didapatkan pesrsentase sebesar 89,17% dan berada pada kualifikasi valid. Sedangkan hasil penilaian ahli evaluasi didapatkan persentase sebesar 88,57% berada pada kualifikasi valid. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian afektif yang dikembangkan sudah memiliki validitas yang baik sehingga layak untuk digunakan dalam penilaian pembelajaran. Hasil pengukuran kompetensi afektif siswa pada kegiatan 1 komponen sikap diperoleh skor rata-rata 74,26% dengan kategori baik, komponen minat 78,27% dengan kategori baik, komponen konsep diri terdapat 70,49% dengan kategori baik, dan komponen nilai terdapat 66,78 % dengan kategori sedang. Sedangkan pada kegiatan 2 diperoleh skor rata-rata komponen sikap 77,50% dengan kategori baik, komponen minat diperoleh 75,68% dengan kategori baik, komponen konsep diri diperoleh 75% dengan kategori baik, dan komponeni nilai diperoleh 75,37% dengan kategori sedang. Berdasarkan hasil pengukuran kompetensi afektif siswa dari kedua kegiatan pembelajaran tersebut diperoleh rata-rata skor 76,46% dalam kategori baik. Dengan demikian instrumen penilaian afektif yang dikembangkan layak untuk digunakan dan tepat diterapkan dalam kegiatan pembelajaran. Serta dapat mengukur kompetensi afektif siswa sehingga guru lebih mudah mengevaluasi hasil belajar siswa dan dapat mengoptimalkan pembelajaran berikutnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 411.071 Wah p
Keywords: afektif; teks laporan hasil observasi; instrumen penilaian
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 12 Mar 2020 09:57
Last Modified: 12 Mar 2020 09:57
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38910

Actions (login required)

View Item
View Item