PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21

Ph, Rivolan Priyanti (2019) PEMBELAJARAN INOVATIF ABAD 21. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 58.pdf]
Preview
Text
ATP 58.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Paradigma pendidikan abad 21 telah mengalami pergeseran yang ditandai dengan perbedaan
orientasi pembelajaran. Pembelajaran abad sebelumnya menekankan pada literasi bacaan, tulisan,
dan matematika, di mana pada abad 21 ketiganya dijadikan sebagai modal dasar untuk
mengembangkan literasi baru yaitu literasi manusia, data, dan teknologi yang sangat penting untuk
menghadapi era globalisasi saat ini dan di masa yang akan datang. Pembelajaran inovatif di abad 21
berorientasi pada kegiatan untuk melatihkan keterampilan esensial sesuai framework for 21st century
skills, yaitu keterampilan hidup dan karir, keterampilan inovasi dan pembelajaran, dan keterampilan
informasi, media, dan TIK. Karakteristik pembelajaran untuk melatihkan keterampilan esensial
tersebut mengarah pada proses pembelajaran yang interaktif, holistik, integratif, saintifik,
kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada peserta didik, sehingga dalam
implementasinya pendidik dapat merancang kegiatan dengan memilih metode/model pembelajaran
yang dapat mengakomodir keseluruhan karakteristik tersebut secara komprehensif. Penilaian dalam
pembelajaran abad 21 disusun dan dikembangkan untuk mengukur pencapaian belajar peserta didik
yang meliputi kompetensi pengetahuan (berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan
inovasi, kolaborasi, kemunikasi), kompetensi intrapersonal (kemampuan kerja dalam tim, kolaborasi,
komunikasi, kerja sama, dan koordinasi), dan kompetensi interpersonal (kemampuan untuk bekerja
dengan orang lain seperti kemampuan manajemen diri, kerjasama, komunikasi yang efektif, dan
kemampuan mejaga hubungan dengan orang lain secara emosional). Dengan demikian, pembelajaran
inovatif abad 21 mencetak sumber daya manusia yang melek informasi, data, dan teknologi yang
sangat dibutuhkan untuk menghadapi persaingan hidup dan pasar kerja di era globalisasi saat ini dan
di masa yang akan datang.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Inovatif; Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 08:50
Last Modified: 12 Mar 2020 08:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38906

Actions (login required)

View Item
View Item