Simarmata, Monang Marihot (2019) Pengembangan Model Pembelajaran Interaktif “PRIMERE” Berbasis E-Learning Pada Mata Pelajaran IPS Di SMP Swasta Teladan Sumatera Utara. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8156122044 COVER.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
2. NIM 8156122044 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (708kB) | Preview
3. NIM 8156122044 ABSTRACT B.INDO DAN B.INGGRIS.pdf - Published Version
Download (561kB) | Preview
4. NIM 8156122044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (439kB) | Preview
5. NIM 8156122044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
6. NIM 8156122044 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7. NIM 8156122044 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
8. NIM 8156122044 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM 8156122044 BAB I.pdf - Published Version
Download (869kB) | Preview
13. NIM 8156122044 BAB V.pdf - Published Version
Download (406kB) | Preview
14. NIM 8156122044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan model pembelajaran yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran (2) untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan produk Borg and Gall dan dipadukan dengan model desain pembelajaran Dick and Carey. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Swasta Teladan Sumatera Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen. Sampel penelitian sebanyak 58 orang siswa yang terdiri dari 29 orang siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning dan 29 orang siswa sebagai kelas control yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hasil penelitian uji hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPS siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning dengan hasil belajar IPS yang dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini ditunjukan dengan perolehan data yaitu t_hitung= 1,99 sedangkan t_tabel= 1,67 dengan dk = N_1+N_2-2 pada taraf signifikan α = 0,05. Disimpulkan efektifitas penggunaan model pembelajaran interaktif “PRIMERE” berbasis E-learning sebesar 19,10% sedangkan efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 18,24%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.36 Sim p |
Keywords: | model pembelajaran interaktif “primere” berbasis e-learning; model pembelajaran problem based learning; hasil belajar ips |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 07:48 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38904 |