Afriza, Muhammad Fajar and Sugito (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR MENGGAMBAR ILUSTRASI KARTUN PADA SISWA KELAS V SDIT AL-FITYAN SCHOOL MEDAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
ATP 56.pdf - Published Version
Download (975kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh penggunaan media animasi terhadap
hasil belajar menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan
T.A. 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan sampel 40
orang siswa kelas V yang diambil menggunakan teknik cluster random sampling.Instrumen
penelitian menggunakan tes menggambar ilustrasi kartun Adit, Sopo, & Jarwo. Teknik
analisis data dilakukan dengan uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas data uji
homogenitas varians, setelah itu dilakukan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian
diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 45,5 dan 46,5 dan ratarata
nilai posttest kelas eksperimen dan kontrol sebesar 80,5 dan 68,5. Hasil uji perbedaan
rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata nilai posttest kelas eksperimen lebih baik
dibandingkan nilai posttest kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan signifikansi
α = 0,05 dan dk 38 didapat ttabel = 2,024. Jadi hasil uji hipotesis diperoleh thitung
= 6,9703 > ttabel = 2,024. Jadi Ha diterima sekaligus ditolak Ho sehingga dapat disimpulkan
bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan media animasi terhadap hasil belajar
menggambar ilustrasi kartun pada siswa kelas V SDIT Al-Fityan School Medan T. A.
2016/2017.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Media; Hasil Belajar; Ilustrasi Kartun |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 07:29 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:29 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38903 |