INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR

Oktasari and Siswandari and Santosa, Djoko (2019) INKUIRI TERBIMBING DALAM PEMBELAJARAN AKUNTANSI DASAR. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of ATP 36.pdf]
Preview
Text
ATP 36.pdf - Published Version

Download (540kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Akuntansi dasar sangat diperlukan untuk peserta didik, karena peserta didik dapat
terampil menyusun dalam suatu laporan keuangan. Keterampilan ini akan bermanfaat sebagai suatu
dasar pengetahuan peserta didik ketika peserta didik melanjutkan ketingkat pendidikan yang lebih
tinggi, dan keterampilan ini dapat menjadi bekal bagi peserta didik yang ingin bekerja dalam bidang
keuangan. Oleh karena itu diperlukannya metode belajar yang cocok untuk peserta didik di dalam
suatu proses pembelajaran Akuntansi dasar. Inkuiri terbimbing adalah metode pembelajaran yang
tepat untuk Akuntansi dasar, karena inkuiri terbimbing menempatkan peserta didik untuk lebih
mandiri dalam belajar dan kreativitas peserta didik dapat berkembang dalam memecahkan
masalahnya, sehingga didalam proses pemecahan masalahnya peserta didik dapat melakukan lebih
banyak kegiatannya secara sendiri maupun bentuk kelompok yang tidak terlepas dengan bantuan
bimbingan dari seorang guru. Studi literatur ini bertujuan untuk mengungkapkan pentingnya metode
pembelajaran inkuiri dalam pembelajaran Akuntansi dasar, dan demi tercapainya tujuan dari
pembelajaran Akuntansi dasar. Hasil penelitian menjelaskan bahwa inkuiri terbimbing penting untuk
diterapkan dalam pembelajaran Akuntansi dasar. Dijelaskan juga enam strategi penting inkuiri
terbimbing yang harus ditempuh oleh guru atau seorang pendidik untuk tercapainya tujuan materi
pembelajaran Akuntansi dasar di SMA/MA/SMK.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Inkuiri; Pembelajaran; Akuntansi
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:25
Last Modified: 12 Mar 2020 07:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38901

Actions (login required)

View Item
View Item