Hidayah, Annazmy and Amri, Mhd Fauzi (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
ATP 14.pdf - Published Version
Download (729kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match
menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh
Selatan. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 133 orang siswa. Sampel
penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga
terpilih kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan
dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon dan kelas XI IPS-
3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran
konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik
analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji
Homogenitas data dan pengujian Hipotesis Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang
diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon lebih
tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic
menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media
animasi Powtoon adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi = 13,31 dan post-test sebesar 79,21,
standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah
pre-test sebesar 53,23, standar deviasi = 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65.
Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 6,14 > 1,67pada taraf signifikan 95% dan
α = 0,05. Disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a
Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh
Selatan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Media; Animasi; Ekonomi |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Mar 2020 07:21 |
Last Modified: | 12 Mar 2020 07:21 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38899 |