PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn)

Hutagaol, Robinson (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn). In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 11.pdf]
Preview
Text
ATP 11.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan hasil belajar PKn mahasiswa yang diajar dengan
strategi pembelajaran partisipatif kelompok dan individu, mengetahui perbedaan hasil belajar PKn
yang memiliki komunikasi interpersonal tinggi dan yang memiliki komunikasi interpersonal rendah
serta mengetahui interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal hasil belajar
PKn. Untuk menguji hipotesis hasil belajar yang digunakan adalah hasil belajar PKn yang memiliki
komunikasi interpersonal tinggi dan hasil belajar yang memiliki komunikasi interpersonal rendah.
Uji statistika yang digunakan dalam penelitian ini statistika deskriptif menyajikan data statistik
infrensial digunakan ANAVA uji persyaratan analis data yaitu uji normalitas, lilifors dan uji
homogenitas Varians dengan uji Bartlett. Intrumen penelitian hasil belajar PKn menggunakan tes
berbentuk pilihan ganda berjumlah 35 butir dan memiliki reabilitas 0,761 menggunakan rumus
Kuder-Richardson (KR-20). Untuk Mahasiswa yang memiliki Komunikasi intepersonal tinggi dan
rendah menggunakan tes komunikasi interpersonal menggunaka skala Likert yang sudah baku. Hasil
pengujian hipotesis menunjukkan diajar dengan strategi partisipatif kelompok memiliki hasil belajar
PKn yang lebih tinggi dibandingkan hasil belajar strategi partisipatif individual. Hal ini di tunjukan
oleh hitung = 1,20 > table = 4,02, pada taraf signifikasi α =0,05. komunikasi interpersonal tinggi hasil
belajar PKn lebih tinggi yang memiliki komunikasi interpersonal rendah. Hal ini ditunjukan oleh F
hitung = 48,46 > tabel = 4,06 pada taraf signifikan α= 0,05 dengan dk=(1,76), dan intraksi antara
strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal mahasiswa terhadap hasil belajar PKn. Hal ini
tunjukan hitung = 48,46 > tabel = 4,06 pada taraf signifikan α=0,05 .

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Pengaruh; Partisipatif; Komunikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:18
Last Modified: 12 Mar 2020 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38897

Actions (login required)

View Item
View Item