PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA

HARAHAP, FITRI ANNISA and Siregar, Dwi Rayana (2019) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 08.pdf]
Preview
Text
ATP 08.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah prestasi belajar ekonomi siswa kurang optimal. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi
belajar ekonomi siswa kelas XI MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini
dilaksanakan di MAN Lubuk Pakam yang beralamat di Jalan Karya Agung Komplek Pemkab Deli
Serdang. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Dengan populasi sebanyak 172 siswa dan sampel
sebanyak 63 siswa dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket. Sebelum digunakan angket
tersebut diuji terlebih dahulu. Dari hasil pengujian diperoleh bahwa angket tersebut valid dan reliabel.
Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis menggunakan regresi linear berganda.
Hasil analisis data diperoleh bahwa baik secara parsial maupun simultan kedua variable (konsep diri
dan motivasi berprestasi) berpegaruh secara positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa kelas XI MIA MAN Lubuk Pakam Tahun Ajaran 2017/2018. Hal ini ditandai dengan thitung >
ttabel dimana hasil uji t pada variabel konsep diri sebesar 4,622 lebih besar dari ttabel 1,670 dan pada
variabel motivasi berprestasi menunjukkan hasil sebesar 2,647 lebih besar dari ttabel 1,670; dan hasil
uji F menunjukkan nilai Fhitung 37,073 lebih besar dari Ftabel 3,15.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Konsep Diri; Motivasi; Prestasi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 12 Mar 2020 07:13
Last Modified: 12 Mar 2020 07:13
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38896

Actions (login required)

View Item
View Item