PERAN DAN KOMPETENSI PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK ELEKTRO DI ERA RI 4.0

Edison (2019) PERAN DAN KOMPETENSI PENDIDIKAN VOKASI TEKNIK ELEKTRO DI ERA RI 4.0. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of ATP 62.pdf]
Preview
Text
ATP 62.pdf - Published Version

Download (390kB) | Preview

Abstract

Pendidikan kejuruan dipergunakan untuk menyiapkan siswa agar siap kerja baik di lingkungannya sendiri ataupun di lingkungan masyarakat, maka misi utama para pendidik dan pemangku kebijakan adalah membentuk fondasi yang kuat bagi para siswa pada proses belajar mengajar, penguasaan dan penerapan keterampilan akademis dan penerapan konsep-konsep yang diperlukan. Perubahan dalam pembelajaran sesuai dengan era i4.0 akan berdampak pada peran pendidikan vokasi khususnya peran pendidiknya. Jika peran pendidik masih mempertahankan sebagai penyampai pengetahuan, maka mereka akan kehilangan peran seiring dengan perkembamgan teknologi dan perubahan metode
pembelajarannya. Kondisi tersebut harus diatasi dengan menambah kompetensi pendidik yang mendukung pengetahuan untuk eksplorasi dan penciptaan melalui pembelajaran mandiri. Definisi kompetensi baru harus segera ditemukan melalui penelusuran dan penelitian tentang tujuh domain
dalam kompetensi mengajar guru vokasi. Pelaku pendidikan vokasi harus belajar cepat berubah bekerjasama dengan industri dan mengenali kompetensi baru seperti apa yang dibutuhkan oleh industri melalui pemanfaatan berbagai data. Selain itu, pendidik harus mengembangkan keahliannya sendiri termasuk bagaimana mengelola data peserta didik, bimbingan karir melalui pemanfaatan big
data, sehingga pendidik dan peserta didik dapat segera beradaptasi terhadap perubahan i4.0.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Kompetensi; Vokasi; Teknik Elektro
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 08:54
Last Modified: 09 Mar 2020 08:54
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38831

Actions (login required)

View Item
View Item