PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN: PELUANG MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU 4.0

Romadona, Aulia (2019) PERKEMBANGAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN: PELUANG MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU 4.0. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 53.pdf]
Preview
Text
ATP 53.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview

Abstract

Era revolusi industri 4.0 merupakan perkembangan yang menjadikan teknologi sebagai basis dalam setiap aspek kehidupan manusia. Sebagai bidang yang menjadi salah satu pembentuk sumber daya manusia yang unggul, pendidikan dalam era 4.0 membutuhkan perhatian khusus terhadap tantangan yang dihadapi oleh komponen-komponen didalamnya. Pendidikan 4.0 adalah istilah yang dipakai oleh ahli pendidikan untuk mengintegrasikan teknologi cyber dalam pembelajaran. Dimana pendidikan 4.0 merupakan respon terhadap kebutuhan revolusi industri 4.0
ketika mesin dan manusia diselaraskan untuk mendapatkan solusi, memecahkan masalah dan menemukan kemungkinan inovasi baru. Maka dari itu apabila fungsi guru hanya sebatas transfer ilmu kepada siswa atau hanya sekedar mengajar saja di dalam kelas, maka perannya akan
tergantikan oleh teknologi di era revolusi industri 4.0 ini. Teknologi terus berubah dan berkembang menjadi lebih cepat atau bahkan menjadi lebih murah namun saat ini masih banyak guru yang resisten terhadap perkembangan teknologi sekalipun dunia pendidikan telah bertransformasi. Padahal saat ini justru dibutuhkan guru-guru terbaik yang memahami dinamika kelas dan memanfaatkan teknologi guna mengedukasi siswa. Teknologi akan membuat guru lebih percaya diri dan lebih mudah dalam mengajar siswanya sehingga mampu mengubah ruang kelas menjadi ruang belajar yang kreatif, inovatif dan menyenangkan. Tulisan ini bertujuan untuk mengungkapkan peran teknologi dalam revolusi 4.0 yang nantinya akan menjadi alternatif upaya peningkatan kemampuan dan kompetensi peran guru di era pendidikan 4.0. Metode yang
digunakan adalah studi pustaka dengan teknik deskriptif analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Persoalan pendidikan di Indonesia saat ini adalah rendahnya mutu pendidikan dibandingkan dengan negara lain, (2) Pendidikan 4.0 merupakan jawaban dari era revolusi industri 4.0 di dunia pendidikan, (3) Peran guru tak tergantikan di era revolusi Industri 4.0, (4)
Teknologi Pendidikan menjadi peluang atas tantangan era 4.0

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Peluang; Kompetensi Guru; Teknologi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1031 Competency based education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:38
Last Modified: 09 Mar 2020 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38826

Actions (login required)

View Item
View Item