PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA

Munthe, Bernandus and Sinaga, Cinta Agustina and Hasibuan, Puspita Fadhli (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING BERBASIS MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 51.pdf]
Preview
Text
ATP 51.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran yang menarik tentu akan memacu respon positif siswa dalam kegiatan belajar. Pembelajaran yang menarik akan membuat kemampuan kognitif siswa mengalami peningkatan. Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif siswa. yaitu dalam hal menyampaikan pendapat/ide, memberi tanggapan,dan menjawab pertanyaan. Langkah-langkah pembelajaran pada model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memacu keaktifan siswa sehingga siswa tidak cenderung diam selama kegiatan pembelajaran berlangsung karena ada beberapa hal yang harus dikerjakan saat menggunakan model pembelajaran ini yang tentunya disesuaikan dengan materi pelajaran yang
akan dipelajari. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dimana siswa dapat menyampaikan pendapat/ide, memberi tanggapan sebanyak-banyaknya untuk didiskusikan bersama-sama dan
dapat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Student; Mind Mapping; Kognitif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 09 Mar 2020 07:20
Last Modified: 09 Mar 2020 07:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38824

Actions (login required)

View Item
View Item