ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN MANDAILING NATAL

Lubis, Nenni Faridah (2012) ANALISIS PELAKSANAAN PRAKTIKUM DAN PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KABUPATEN MANDAILING NATAL. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106142015 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106142015 Judul.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106142015 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106142015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106142015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106142015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106142015 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106142015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106142015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106142015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106142015 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106142015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106142015 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106142015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106142015 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106142015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106142015 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106142015 Bab I.pdf - Published Version

Download (357kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106142015 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106142015 Bab V.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106142015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106142015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (189kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan kondisi laboratorium untuk pelaksanaan praktikum, pengelolaan laboratorium kimia dan faktor-faktor yang menjadi hambatan yang dihadapi guru kimia dalam pelaksanaan praktikum untuk menunjang pembelajaran kimia di SMA se-Kabupaten Mandailing Natal. Sampel penelitian ini diambil secara purposive sampling, dengan jumlah sampel sebanyak enam SMA di Kabupaten Mandailing Natal.Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket yang diberikan kepada seluruh guru kimia, wawancara dengan guru kimia dan siswa kelas XI, dan lembar observasi tentang laboratorium kimia SMA Kabupaten Mandailing Natal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium kimia di SMA Kabupaten Mandailing Natal meliputi pemahaman pengelolaan laboratorium, dimana guru memiliki kategori sangat baik sebesar 87,77 %, tentang administrasi laboratorium guru menyatakan sudah berjalan baik sebesar 75,83%, selanjutnya guru kimia menyetujui pentingnya organisasi laboratorium dan adanya hambatan dalam proses pengelolaan laboratorium masing-masing sebesar 76,04% dan 72,57%. Untuk kondisi laboratorium guru kimia menyetujui tersedianya fasilitas laboratorium sebesar 70,53% dan penyimpanan alat/bahan kimia disimpan sesuai aturan pengelolaan laboratorium sebesar 74,91%. Hambatan yang dihadapi guru kimia dalam pelaksanaan praktikum dan pengelolaan laboratorium adalah kurang lengkapnya jenis perabot terutama pada bak cuci, lemari alat dan lemari asam, kurang lengkapnya alat/bahan praktikum dan kurangnya alokasi waktu untuk melaksanakan praktikum. Adanya hambatan dalam pelaksanaan praktikum dan pengelolaan laboratorium menyebabkan praktikum jarang dilaksanakan di SMA Kabupaten Mandaililng Natal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 542.1 Lub a
Keywords: Kimia; Praktikum; Organisasi laboratorium; Administrasi laboratorium; Keselamatan kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 07 May 2016 00:52
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3882

Actions (login required)

View Item
View Item