Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia

Fajarini, Indah (2018) Berpikir Kritis dan Kreatif pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 129-135. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 21. Fulltext.pdf]
Preview
Text
21. Fulltext.pdf - Published Version

Download (641kB) | Preview

Abstract

Dalam beberapa tahun terakhir pentingnya mempromosikan keterampilan berpikir kritis dan berpikir kreatif dalam pendidikan telah diakui secara luas. Lebih khusus lagi, diyakini bahwa penggabungan keterampilan-keterampilan ini sukses di Indonesia pada pengajaran bahasa Indonesia sebagai bahasa negara. Keyakinan ini didasarkan pada premis bahwa ada hubungan erat antara pengetahuan dan pemikiran dan antara pembelajaran bahasa dan proses berpikir. Bagian pertama dari artikel ini menyajikan temuan penelitian dan tinjauan literatur singkat tentang kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif. Kami kemudian menyajikan saran untuk penggabungan sukses mereka di ruang kelas bahasa Indonesia. Kami berharap artikel ini akan menjadi titik awal bagi para guru bahasa Iindonesia mengevaluasi praktik pengajaran mereka saat ini, dan motivasi untuk menggabungkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif ruang kelas mereka.

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PR English literature > PR57 Criticism
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 06 Mar 2020 04:20
Last Modified: 06 Mar 2020 04:20
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38797

Actions (login required)

View Item
View Item