Sibuea, Hadijah Handayani (2018) Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Memahami Cerpen Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Simpang Empat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 105-110. ISSN 978-602-53253-9-7
16. Fulltext.pdf - Published Version
Download (521kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan memahami bacaan siswa masih rendah. Siswa mengalami kesulitan dalam menentukan dan memahami unsur-unsur cerpen. Peneltian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk keterampilan membaca. Metode yang digunakan adalah metode research and development dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prototipe merupakan rancangan yang menggambarkan isi media interaktif pembelajaran. Prototipe menjelakan mengenai beberapa hal, yaitu :1) Struktur tampilan , 2) gambar, 3) keteranga nstruktur tampilan. Prototipe dalam penelitian ini akan dijadikan acuan dalam pembuatan media interaktif pembelajaran. Media interaktif memudahkan siswa dalam memahami isi cerpen. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan media interaktif dalam pembelajaran memahami isi cerpen merupakan pembelajaran yang bermakna. Peneliti menyarankan agar media interaktif dikembangkan lagi untuk kompetensi dasar yang berbeda pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GR Folklore L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 06 Mar 2020 03:32 |
Last Modified: | 06 Mar 2020 03:32 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38792 |