Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Berastagi

Ginting, Sri Julita Br. (2018) Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran Bahasa Sastra Indonesia di SMP Negeri 1 Berastagi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 95-101. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 14. Fulltext.pdf]
Preview
Text
14. Fulltext.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1) Mengetahui tentang penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; (2) Mengetahui dampak positif dan negative penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal terhadap kualitas dan kemajuan pembelajaran bahassa dan sastra Indonesia; (3) Untuk memahami factor pendukung dan penghambat penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahassa dan sastra Indonesia. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, diamana analisis data menggunakan model analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dilakukan dengan perancangan yang lengkap. Guru menyiapkan kurikulum seperti silabus, rencana pembelajaran (RPP), instrument penilaian, dan materi. Media pembelajaran berbasis kearifan lokal digunakan oleh guru sebagai media untuk memberikan motivasi pada awal kegiatan didepan kelas. (2) Media pembelajaran berbasis kearifan lokal memiliki dampak positif terhadap kualitas pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, dapat dilihat dari antusiasme, dan juga pemahaman siswa. (3) Faktor pendukung penggunaan media pembelajaran berbasis kearifan lokal dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia berasal dari fasilitasn dan prasarana yang lengkap, kompetensi yang baik dari guru dalam menggunakan dan mengelola kelas, pemahaman yang baik dari siswa dan ketersediaan sumber belajar. Sedangkan factor penghambat adalah kurangnya dana dan pelatihan dalam sosalisasi pembuatan media pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM621 Culture
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 06 Mar 2020 02:42
Last Modified: 06 Mar 2020 02:42
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38788

Actions (login required)

View Item
View Item