IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI INDONESIA

Chairunnisak (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI INDONESIA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of ATP 42.pdf]
Preview
Text
ATP 42.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview

Abstract

Akibat pengaruh globalisasi dan perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan perubahan yang pesat di masyarakat meliputi Pergeseran ekonomi, sosiologi dan epistemology yang signifikan. Oleh sebab itu dibutuhkan manusia-manusia yang mimiliki keterampilan yang dapat menghadapi tantangan tersebut salah satunya melalui peningkatan kualitas pendidikan berkualifikasi global. Pembelajaran abad ke-21 dapat menjadi cara untuk meraih tujuan terseut.Istilah "keterampilan abad ke-21" mengacu pada keterampilan yang harus dikembangkan oleh
warga masa depan agar berhasil menangani tantangan dan peluang di masa depan. Keterampilanketerampilan
itu, pada deskripsi yang luas, mencakup bidang pemikiran kritis, pemecahan masalah,pemikiran kreatif dan inovatif, komunikasi dan kolaborasi, literasi sipil, kesadaran global dan fungsi lintas budaya. Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu membahas hakikat pembelajaran
abad 21 dan implementasi pembelajaran abad 21 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam makalah ini menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Hasil yang di peroleh bahwa implementasi pembelajaran abad 21 di Indonesia masih dirasakan tidak optimal. Guru dan siswa sebagai komponen krusial dalam pendidikan belum memiliki kualifikasi yang memupuni dalam menerapkan pembelajaran abad 21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Implementasi; Pembelajaran; Inovatif
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 08:39
Last Modified: 05 Mar 2020 08:39
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38770

Actions (login required)

View Item
View Item