Chairunnisak (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ABAD 21 DI INDONESIA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
ATP 42.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
Abstract
Akibat pengaruh globalisasi dan perkembangan Teknologi informasi dan komunikasi menghasilkan perubahan yang pesat di masyarakat meliputi Pergeseran ekonomi, sosiologi dan epistemology yang signifikan. Oleh sebab itu dibutuhkan manusia-manusia yang mimiliki keterampilan yang dapat menghadapi tantangan tersebut salah satunya melalui peningkatan kualitas pendidikan berkualifikasi global. Pembelajaran abad ke-21 dapat menjadi cara untuk meraih tujuan terseut.Istilah "keterampilan abad ke-21" mengacu pada keterampilan yang harus dikembangkan oleh
warga masa depan agar berhasil menangani tantangan dan peluang di masa depan. Keterampilanketerampilan
itu, pada deskripsi yang luas, mencakup bidang pemikiran kritis, pemecahan masalah,pemikiran kreatif dan inovatif, komunikasi dan kolaborasi, literasi sipil, kesadaran global dan fungsi lintas budaya. Tujuan dari penulisan makalah ini yaitu membahas hakikat pembelajaran
abad 21 dan implementasi pembelajaran abad 21 di Indonesia. Metode yang digunakan dalam makalah ini menggunakan pendekatan kepustakaan (Library Research). Hasil yang di peroleh bahwa implementasi pembelajaran abad 21 di Indonesia masih dirasakan tidak optimal. Guru dan siswa sebagai komponen krusial dalam pendidikan belum memiliki kualifikasi yang memupuni dalam menerapkan pembelajaran abad 21.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Implementasi; Pembelajaran; Inovatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2341 Supervision and administration. Business management |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 05 Mar 2020 08:39 |
Last Modified: | 05 Mar 2020 08:39 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38770 |