MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN RPL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR

Hutagalung, Theodora Helena (2019) MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN ABAD 21 DALAM PEMBELAJARAN KOMPETENSI KEAHLIAN RPL MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN DASAR. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 40.pdf]
Preview
Text
ATP 40.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview

Abstract

Keterampilan abad 21 merupakan keterampilan yang dibutuhkan peserta didik saat ini sebagai bekal untuk sukses berkarir di era informasi. Keterampilan ini mencakup Life &Career Skills,Learning and Innovation Skills, Information, Media &Technology Skills.Creativity, CriticalThinking, Collaboration and Communication menjadi keterampilan yang mesti dimiliki peserta didik di era pengetahuan dan informasi ini, termasuk dalam mata pelajaran Pemrograman Dasar yang merupakan salah satu mata pelajaran Dasar Program Keahlian (C2) dalam Kompetensi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Dengan menguasai kompetensi Pemrograman Dasar,peserta didik diharapkan mampu mengikuti kompetensi mata pelajaran kompetensi keahlian (C3).Agar keterampilan ini tumbuh dalam diri peserta didik, guru perlu melakukan inovasi dalam pembelajarannya, antara lain dengan memilih model pembelajaran yang mendukung tumbuhnya keterampilan abad 21 tersebut dan disesuaikan dengan kompetensi yang diajarkan, dengan mengintegrasikan konsep HOTS (Higher Order Thinking Skills). Pemilihan metode pembelajaran
dan media pembelajaran juga menguatkan tumbuhnya keterampilan yang diharapkan. Dengan demikian diharapkan peserta didik akan memiliki kompetensi Pemrograman Dasar yang sesuai dengan keterampilan abad 21.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Keterampila; RPL; Pemrograman Dasar
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
L Education > LC Special aspects of education > LC1022 Computer-assisted education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 07:33
Last Modified: 05 Mar 2020 07:33
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38764

Actions (login required)

View Item
View Item