Blended Learning : Solusi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Digital

Lestari, Ria (2018) Blended Learning : Solusi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 56-60. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of 7. Fulltext.pdf]
Preview
Text
7. Fulltext.pdf - Published Version

Download (630kB) | Preview

Abstract

Kehidupan di abad ke-21 ada pada masa era digital yang menuntut berbagai keterampilan yang harus dikuasai seseorang. Terpenting dalam era ini adalah melek tiga literasi: literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia. Sejalan dengan itu pencapaian pembelajaran pada era digital ini dilakukan dengan memperbarui kualitas pembelajaran, membantu siswa mengembangkan partisipasi, menyesuaikan personalisasi belajar, menekankan pada pembelajaran berbasis proyek/masalah, mendorong kerjasama dan komunikasi, meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, membudayakan kreativitas dan inovasi dalam belajar, menggunakan sarana belajar yang tepat, mendesain aktivitas belajar yang relevan dengan dunia nyata, memberdayakan metakognisi, dan mengembangkan pembelajaran student-centered. Berbagai keterampilan harus secara eksplisit diajarkan. Secara singkat, pembelajaran pada era digital ini yang memiliki prinsip pokok bahwa pembelajaran harus berpusat pada siswa, bersifat kolaboratif, kontekstual, dan terintegrasi dengan masyarakat. Peran guru dalam melaksanakan pembelajaran sangat penting dalam mewujudkan masa depan anak bangsa yang lebih baik. Tulisan ini dimaksudkan untuk mengelaborasi bagaimana dunia pendidikan menangkap ide pada era digital, sekaligus mencarikan solusinya. Dalam hal yang lebih spesifik, tulisan ini akan menunjukan bagaimana pembelajaran ―Blended Learning‖ yang direkomendasikan dunia pendidikan seluruh dunia bisa dioperasionalisasikan dalam konteks sekolah dan kampus di Indonesia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LA History of education > LA173 Higher education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:59
Last Modified: 05 Mar 2020 04:59
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38758

Actions (login required)

View Item
View Item