PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING (HOTS) SISWA

Ambarita, Rosmaulina Adelina and Yunastiti and Indriayu, Mintasih (2019) PENERAPAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINKING (HOTS) SISWA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 37.pdf]
Preview
Text
ATP 37.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview

Abstract

Penerapan kurikulum 2013 di Indonesia mempengaruhi beberapa aspek dalam pendidikan, salah satunya adalah pergeseran keterampilan yang diharapkan dimiliki siswa dari Low Oder Thinking Skills (LOTS) menjadi Higher Order Thinking Skills (HOTS). Higher order thinking skills diartikan sebagai keterampilan berpikir pada level tingkat tinggi. Jika dilihat pada taxonomy bloom yang
mengkategorikan tingkat berpikir siswa kedalam enam tingkatan atau C6, maka HOTS masuk ke dalam kategori C4 (analisis), C5 (sintesis), C6 (penilaian). Secara umum permasalahan yang dihadapai dunia pendidikan pada saat ini adalah model pembelajaran yang diterapkan oleh guru.
Sebagian besar guru menggunakan metode konvensional atau ceramah dalam proses pembelajaran,yang justru mengakibatkan siswa kurang aktif dan tertarik terhadap pembelajaran tersebut, permasalahan seperti ini harus dihadapi dengan permbaharuan penggunaan model dalam
pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan tuntutan kemajuan IPTEK pada saat ini. Salah satu model yang tepat untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran ini adalah model e-learning. E-learning merupakan suatu model pembelajara yang mengemas sistem
pembelajarannya dalam media elektronik khususnya internet, pada pembelajaran ini siswa akan
mencari sendiri materi tambahan dalam kegiatan belajar mengajar, sehingga siswa memiliki pengalaman sendiri dalam membangun pengetahuannya. Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk menjelaskan dan menegaskan bahwa penerapan e-learning dapat meningkatkan higher order
thinking skills siswa SMA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-learning dapan meningkatkan higher order thinking skills siswa SMA.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: E-Learning; IPTEK; SMA
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:25
Last Modified: 05 Mar 2020 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38746

Actions (login required)

View Item
View Item