Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa

Suwandi, Sarwiji (2018) Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berorientasi pada Pengembangan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia I Unimed-2018, 1. pp. 1-10. ISSN 978-602-53253-9-7

[thumbnail of Fulltext.pdf]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (557kB) | Preview

Abstract

Pengembangan pembelajaran berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skill (HOTS) merupakan program yang dikembangkan sebagai upaya peningkatan kualitas pembelajaran dan meningkatkan kualitas lulusan. Program ini dikembangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan pada tahun 2018 telah terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter. Pengembangan kurikulum pada jenjang pendidikan dasar dan menengah menekankan konsep pendidikan abad ke-21, yaitu keterampilan abad ke-21 (21st century skills), pendekatan saintifik (scientific approach), dan penilaian autentik (authentic assesment). Untuk itu, pembelajaran harus merujuk pada empat karakter belajar abad 21, yaitu berpikir kriris dan pemecahan masalah, kreatif dan inovasi, kolaborasi, dan komunikasi atau yang dikenal dengan 4C (critical thinking dan problem solving, creative and innovation, collaboration, and communication). Uraian dalam makalah ini menjelaskan konsep keterampilan berpikir tingkat tinggi dan praktik pembelajaran yang bersesuaian dengannya serta peran dan tantangan yang dihadapi guru.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 05 Mar 2020 04:25
Last Modified: 05 Mar 2020 04:25
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38745

Actions (login required)

View Item
View Item