REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM DUNIA PENDIDIKAN DARI SISI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING

Hasrul, Mhd. Iqbal and Suharianto, Joko and Lubis, Rika Amalia and Marbun, Merynatalia (2019) REVOLUSI INDUSTRI 4.0 DALAM DUNIA PENDIDIKAN DARI SISI PEMBELAJARAN BERBASIS BLENDED LEARNING. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 34.pdf]
Preview
Text
ATP 34.pdf - Published Version

Download (470kB) | Preview

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya pada era revolusi industry 4.0 yang sangat pesat memberikan dampak yang besar terhadap kehidupan manusia. Banyak kemudahan dan inovasi yang diperoleh dengan adanya dukungan teknologi digital termasuk dalam sisi pendidikan. Salah satunya adalah dengan perubahan lingkungan pembelajaran yang semula terkonsep tatap
muka, mulai berganti blended learning atau e-learning. Layanan pembelajaran menjadi lebih cepat dan efisien serta memiliki jangkauan koneksi yang lebih luas dengan sistem online. Blended learning yang sedang berkembang pesat saat ini tentunya memiliki peluang dan tantangan dalam penerapannya. Satu sisi blended learning mampu memberikan pengaruh signifikan dan satu sisi bisa tidak memberikan dampak yang berarti. Permasalahan yang terjadi adalah rendahnya kepuasan pengguna dalam penerapan strategi pembelajaran tersebut. Beberapa alasannya karena
ketidakmerataan fasilitas pembelajaran yang dimiliki siswa (smartphone, laptop, kuota internet);kurang kuatnya fasilitas wifi dilingkungan pendidikan; content dan desain blended learning yang belum menarik dan relevan dengan materi ajar; dan kurang mumpuni skill tenaga pengajar dalam mengoperasionalkan aplikasi blended learning tersebut. Untuk itu, perlu pertimbangan yang
matang dalam penerapan strategi ini dengan mempertimbangkan segala aspek kebutuhan dengan
harapan pemerintah berusaha konkret menyokong fasilitas yang dibutuhkan guna mewujudkan citacita making Indonesia 4.0 dalam menyongsong era digitalisasi. Peluang dan ancaman pasti dihadapi dalam setiap transisi inovasi dan teknologi dengan pilihan mampu menghasilkan tenaga
kerja yang relevan dengan perkembangan teknologi atau tenggelam oleh era disrupsi ini.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Revolusi Industri; Blended Learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:30
Last Modified: 05 Mar 2020 03:30
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38742

Actions (login required)

View Item
View Item