PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BARUS

Simangunsong, Sixson Roberto and Sinaga, Evi Deristina (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ACCELERATED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 1 BARUS. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 25.pdf]
Preview
Text
ATP 25.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Barus Tahun Pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dari strategi pembelaaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar
akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 1 Barus Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Barus, yang beralamat di Jl. K.S Tubun No.2 Kecamatan Barus, Kabupaten Tapanuli Tengah, Provinsi
Sumatera Utara. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS yang berjumlah 57 orang siswa, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 25 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah test hasil belajar, test tersebut berupa pilihan
berganda sebanyak 20 soal, test ini diambil dari buku pelajaran siswa yang dianggap sudah valid,teknik analisis data yang digunakan yaitu menghitung rata-rata, standart deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh nilai rata rata pre-test siswa kelas eksperimen = 54,20 dengan standar deviasi = 8,12 dan nilai rata rata post-test 85,60, dengan standart deviasi 7,81 sedangkan nilai rata rata pretes siswa kelas kontrol = 47,60 dengan standar deviasi = 10,62 dan nilai post-test = 79,00 dengan standar deviasi =8,04. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistribusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dari hasil test yang dilakukan diperoleh thitung sebesar 2,974 dan ttabel sebesar 1,676, dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat disimpulkan thitung > ttabel yaitu (2,974 > 1,676) melalui kriteria pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hipotesis (Ha) diterima dengan kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara strategi pembelajaran Accelerated Learning terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Barus Tahun Pembelajaran 2017/2018.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Strategi Pembelajaran; Accelared Learning; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 07:18
Last Modified: 04 Mar 2020 07:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38731

Actions (login required)

View Item
View Item