Siallagan, Andrew Ryan Hasudungan (2019) STUDI KEPUSTAKAAN MENGENAI BLENDED LEARNING SEBAGAI INOVASI MODEL PEMBELAJARAN DI ERA 21. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
ATP 24.pdf - Published Version
Download (322kB) | Preview
Abstract
Proses pembelajaran di kelas secara tatap muka (face-to-face) telah kehilangan daya tariknya di era 21 ini. Hal itu terjadi karena sebagian siswa berpikir dengan perkembangan teknologi yang semakin luas, proses pembelajaran di era 21 dapat dilakukan secara online (e-learning). Untuk mengakomodasi perkembangan teknologi (e-learning) tanpa harus meninggalkan pembelajaran
secara tatap muka (face-to-face) haruslah ada strategi pengorganisasian pengajaran, penyampaian pengajaran, dan kualitas pegajaran yang tepat, yaitu dengan blended learning. Blended Learning adalah strategi pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai tujuan dengan menggabungkan
berbasis kelas pembelajaran / tatap muka dengan pembelajaran berbasis teknologi dan informasi yang dilakukan secara online. Maka dari itu tulisan ini bertujuan untuk menjabarkan Blended Learning sebagai inovasi model pembelajaran di era 21. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kepustakaan. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni metode
dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis isi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi model pembelajaran Blended Learning akan membangkitkan kemandirian serta percaya diri siswa karena mereka berusaha mencari dan mengeksplorasi sumber
belajar tidak hanya dari guru saja.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Blended Learning; Inovasi Pembelajaran; E-Learning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 04 Mar 2020 07:11 |
Last Modified: | 04 Mar 2020 07:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38730 |