PENGARUH DISIPLINTERHADAP KOMITMEN KERJA GURU DENGAN KERJASAMA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Delima and Jummiah, Rini Siti and Perdana, Syahputra (2019) PENGARUH DISIPLINTERHADAP KOMITMEN KERJA GURU DENGAN KERJASAMA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 20.pdf]
Preview
Text
ATP 20.pdf - Published Version

Download (374kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui: (1) Pengaruh disiplin kerja terhadap kerjasama tim; (2) Pengaruh disiplin kerja terhadap komitmen kerja Guru; (3) Pengaruh kerjasama tim terhadap komitmen kerja guru SD. Jumlah responden sebanyak 90 orang yang diambil dengan Random Sampling.Instrumen penelitian adalah angket berskala likert yang telah
dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelumnya.Metode penelitian yang digunakan adalah
metode kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur (path analysis) dengan menguji asumsi normalitas, linearitas dan multikolineartas data. Hasil dari penelitian menemukan bahwa: a)Disiplin kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap kerjasama tim guru pada taraf alpa 5% dengan koefisien jalur sebesar 0,51. Artinya semakin baik disiplin kerja guru, maka akan
cenderung semakin baik kerjasama tim guru. b) Disiplin kerja berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru pada taraf alpa 5% dengan koefisien jalur sebesar 0,457. Artinya semakin baik disiplin kerja, maka cenderung semakin tinggi komitmen kerja guru. c)Kerjasama tim berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap komitmen kerja guru pada
taraf alpa 5% dengan koefisien jalur sebesar 0,314. Artinya semakin baik kerjasama tim, maka
cenderung semakin tinggi komitmen kerja guru.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Disiplin Kerja; Kerjasama Tim; Komitmen Kerja
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 04 Mar 2020 04:21
Last Modified: 04 Mar 2020 04:21
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38726

Actions (login required)

View Item
View Item