Hidayani (2013) KONTRIBUSI WORKSHOP PENGGUNAAN MEDIA CAMTASIA TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BIOLOGI KECAMATAN HAMPARAN PERAK KABUPATEN DELI SERDANG. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173027 Judul.pdf - Published Version
Download (94kB) | Preview
2. 8106173027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (594kB) | Preview
3. 8106173027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. 8106173027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (234kB) | Preview
5. 8106173027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
6. 8106173027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (48kB) | Preview
7. 8106173027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (50kB) | Preview
8. 8106173027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
9. 8106173027 Bab I.pdf - Published Version
Download (302kB) | Preview
10. 8106173027 Bab V.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
11.8106173027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru Biologi se sub Rayon 07 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli serdang dalam penggunaan media camtasia melalui workshop. Variabel dalam penelitian ini adalah 2 yakni: (1) kontribusi workshop penggunaan media camtasia; dan (2) peningkatan kompetensi guru Biologi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah: observasi, wawancara, dan lembar kerja. Subjek dalam penelitian ini adalah 12 orang guru Biologi se sub rayon 07 Kecamatan Hamparan Perak Kabupaten Deli serdang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus dimana satu siklus berisi: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pada siklus I, 75% guru mampu menggunakan media camtasia ketika workshop dan dalam proses pembelajaran, selanjutnya minat siswa meningkat dan hasil belajar siswa memperoleh skor rata – rata 70; (2) Pada siklus II sudah seluruh guru mampu menggunakan software camtasia ketika workshop dan dalam proses belajar mengajar kemudian meningkatlah minat siswa serta hasil belajar siswa memperoleh nilai rata – rata 81; (3) kompetensi guru Biologi dalam penggunaan media pembelajaran dapat meningkat melalui pelaksanaan workshop penggunaan media camtasia; (4) penggunaan/pengaplikasian penggunaan media camtasia dalam proses belajar mengajar di kelas dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa; dan (5) penggunaan media camtasia oleh guru meningkatkan kompetensi guru dalam penggunaan media komputer. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi guru Biologi dalam penggunaan media camtasia dapat ditingkatkan melalui workshop pengaplikasian media camtasia.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Hid k |
Keywords: | Biologi; Workshop; Media camtasia; Kompetensi; Media pembelajaran |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 06 May 2016 00:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3862 |