Rahmi, Laili (2012) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERTIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) DAN GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KECAKAPAN SOSIAL SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PERBAUNGAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173005 Judul.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
2. 8106173005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (541kB) | Preview
3. 8106173005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 8106173005 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
5. 8106173005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
6. 8106173005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
7. 8106173005 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
8. 8106173005 Bab I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
9. 8106173005 Bab V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
10. 8106173005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran IPA khususnya biologi yang biasa didominasi guru beserta bentuk evaluasi yang lebih berorientasi pada hasil selama ini kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar aktif, baik fisik, mental, intelektual, maupun sosial (kelompok) untuk memahami konsep-konsep materi, guru menjadi pusat dan sumber belajar. Hal ini di sebabkan karena pembelajaran selama ini lebih terpusat kepada guru. Model pembelajaran STAD dan GI merupakan salah satu alternatif untuk pembelajaran IPA, sehingga diharapkan hasil belajar dan kecakapan sosial siswa meningkat.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas X SMA Negeri 1 Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai dengan jumlah 135 orang siswa. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik claster sampling dan selanjutnya melalui pengundian maka kelas X-1 terpilih sebagai kelas yang akan diberi perlakuan dengan pembelajaran STAD, kelas X-2 terpilih sebagai kelas yang akan diberi perlakuan dengan pembelajaran GI dan kelas X-4 sebagai kelas kontrol. Data hasil tes belajar biologi di peroleh dengan menggunakan tes, serta penilaian kemampuan kecakapan siswa menggunakan angket. Sebelum instrumen digunakan terlebih dahulu divalidkan. Hasil uji persyaratan menunjukkan sebaran data hasil belajar biologi adalah berdistribusi normal dan homogen. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan ANAVA dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil ini menunjukkan: (1) Terdapat pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe GI dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD, model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan pembelajaran Konvensional; (2) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran GI lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran STAD dan konvensional;(3) Hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional. kecakapan sosial siswa juga lebih baik. Hal ini terlihat dari respon siswa berdasarkan keempat indikatornya yaitu: bekerjasama sesama siswa dalam kelompok, tanggung jawab sesama siswa, mengemukakan pendapat dalam bentuk lisan dan tulisan, serta interaksi dan toleransi. Model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan GI sudah seharusnya menjadi salah satu alternatif bagi guru dalam menyampaikan pelajaran biologi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 570.071 Rah p |
Keywords: | Biologi; Pembelajaran kooperatif; Group Investigation; Kecakapan sosial; Student Team Achievement Divisions |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 23:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3859 |