Boru Siregar, Rowati Lince (2019) PENGARUH METODE PEMECAHAN MASALAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI SMAN 4 BINJAI. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (514kB) | Preview
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
ATP 13.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pemecahan masalah terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI di SMAN 4 Binjai .Adapun metode yang dipakai dalam makalah ini berupa PTK. Keseluruhan tahapan menggambarkan adanya metode kontruktivisme dan masyarakat belajar . Rincian ke-4 tahapan tersebut melingkupi:
Perencanaan, Tindakan, Pengamatan,.Refleksi. Hamparan Data Makalah ini berasal dari penelitian tentang Pengamatan (Observasi), Hasil Ujian, serta dari Refleksi. Makalah ini memaparkan Hasil Penelitian yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan (positip). Terhampar signifikan penggunaan metode pemecahan masalah terhadap prestasi belajar biologi siswa kelas XI SMAN 4 Binjai. Pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata prestasi
belajar biologi siswa kelas XI berkisar 69,09 .Ketuntasan belajar biologi siswa pada siklus I berkisar 68,18 0/0. Pada siklus II ada revisi /perbaikan sebagai cara utuk mengurangi tingkat kesalahan yang sudah terjadi pada siklus I. Nilai rata-rata prestasi belajar biologi siswa kelas XI naik mencapai 76,36. Ketuntasan belajar biologi dari siswa kelas XI mencapai 77,27. Ada kenaikan hasil belajar siswa. Pada siklus III terdapat nilai rata-rata prestasi belajar biologi siswa kelas XI sebesar 81,82. Ketuntasan belajar biologi pada siklus ini mencapai
86,36. Pada siklus III ini ketuntasan secara klasikal telah tercapai sehingga penelitian ini hanya sampai pada siklus III. Tahap Refleksi terlaksana de ngan melihat kelebihan, dan kekurangan dari setiap siklus untuk perbaikan pada penelitian lanjutan.
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Keywords: | Metode; Pemecahan Masalah; Biologi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 03 Mar 2020 07:59 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 10:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38551 |