IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MEDIA VIDEO TUTORIAL KELAS XI SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN

Sibagariang, Fernando (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR BERBASIS MEDIA VIDEO TUTORIAL KELAS XI SMK TRITECH INFORMATIKA MEDAN. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 10.pdf]
Preview
Text
ATP 10.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terdapat empat macam keterampilan berbahasa, salah satunya adalah keterampilan menulis. Keterampilan menulis merupakan salah satu aspek
yang terdapat pada Kompetensi Inti 4 (keterampilan) dalam kurikulum 2013 yang pada penerapannya mengedepankan materi yang berbasis teks. Salah satu teks yang ada dalam
kurikulum 2013 adalah teks prosedur. Teks prosedur merupakan salah satu materi yang hasil pembelajarannya kurang memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Selain itu, teks prosedur membutuhkan ketepatan dalam menentukan langkah-langkah, yang membuatnya tidak boleh salah penempatan. Penelitian ini dilatar belakangi adanya pengunaan media video tutorial dalam pembelajaran menulis teks prosedur di SMK Tritech Informatika Medan, yang memerlukan analisis mendalam tentang strategi implementasinya di sekolah. Faktor-foktor yang mempengaruhi Implementasi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis media video tutorial, meliputi faktor
internal dan faktor eksternal. Faktor Internal yaitu guru dan siswa faktor eksternal yaitu fasilitas.Implementasi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis media video tutorial di lakukan dengan prosedur yang komperhensif yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan menggunakan model evaluasi pembelajaran yang berorientasi pada pencapaian kompetensi dalam bentuk unjuk kerja dan produk pada diri siswa terhadap keterampilan menulis teks prosedur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif. Penggunaan metode penelitian didasari atas tujuan pokok penelitian ini yaitu berusaha untuk mendeskripsikan serta menganalisis tentang implementasi pembelajaran menulis teks prosedur berbasis media video tutorial di SMK Tritech Informatika Medan. Berdasarkan hasil analisa dapat diketahui bahwa pembelajaran menulis teks prosedur menggunakan media video tutorial dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kegiatan belajar dengan melakukan pengulangan-pengulangan dan pembelajaran individual memang sangat efektif untuk pelajaran teks prosedur, hal ini ditandai dengan terjadinya peningkatan yang signifikan pada aspek kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur sesuai dengan struktur dan kaidah kebahasaan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Keywords: Media; Menulis; Teks Prosedur
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 03 Mar 2020 06:38
Last Modified: 03 Mar 2020 06:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38547

Actions (login required)

View Item
View Item