PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TENTANG POLUSI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 4 LHOKSEUMAWE

Ata, Khairiah (2013) PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TENTANG POLUSI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 4 LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106173030 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106173030 Judul.pdf - Published Version

Download (236kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106173030 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106173030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (872kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106173030 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106173030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (369kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106173030 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106173030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (361kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106173030 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106173030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106173030 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106173030 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106173030 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106173030 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106173030 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106173030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106173030 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106173030 Bab I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106173030 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106173030 Bab V.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106173030 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106173030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (474kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan hubungan hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa tentang polusi lingkungan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL dan strategi pembelajaran inquiry di SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (problem based learning) dan kelas B dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inquiry (guided inquiry). Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan dan uji korelasi Pearson pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS ver.19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan inquiry (2,08:2) walaupun secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,304; P = 0,199 > 0,05), kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan inquiry (2,01:2) walaupun secara statistik tidak berbeda nyata (t = 0,119; P = 0,906 > 0,05), dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan inquiry di SMK Negeri 4 Lhokseumawe (rPBL = 0,641,P = 0,001; rinq = 0,677, P = 0,000). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran PBL dalam pembelajaran biologi tentang polusi lingkungan dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 577.207 1 Ata p
Keywords: Biologi; Polusi lingkungan; Pembelajaran inquiry; Berpikir kritis; Pembelajaran berbasis masalah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 05 May 2016 09:48
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item
View Item