Ata, Khairiah (2013) PERBANDINGAN PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PBL DAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA TENTANG POLUSI LINGKUNGAN DI SMK NEGERI 4 LHOKSEUMAWE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106173030 Judul.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. 8106173030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (872kB) | Preview
3. 8106173030 Abstrak.pdf - Published Version
Download (369kB) | Preview
4. 8106173030 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (361kB) | Preview
5. 8106173030 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (245kB) | Preview
6. 8106173030 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
7. 8106173030 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
8. 8106173030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
9. 8106173030 Bab I.pdf - Published Version
Download (516kB) | Preview
10. 8106173030 Bab V.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
11. 8106173030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (474kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar, kemampuan berpikir kritis, dan hubungan hasil belajar dengan kemampuan berpikir kritis siswa tentang polusi lingkungan yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL dan strategi pembelajaran inquiry di SMK Negeri 4 Lhokseumawe. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan sampel penelitian ditentukan secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas A dibelajarkan dengan strategi pembelajaran PBL (problem based learning) dan kelas B dibelajarkan dengan strategi pembelajaran inquiry (guided inquiry). Instrumen penelitian menggunakan tes hasil belajar bentuk pilihan ganda dan tes kemampuan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan uji t tidak berpasangan dan uji korelasi Pearson pada taraf signifikansi α = 0,05 dengan bantuan aplikasi SPSS ver.19.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan inquiry (2,08:2) walaupun secara statistik tidak berbeda nyata (t = 1,304; P = 0,199 > 0,05), kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL lebih tinggi daripada siswa yang dibelajarkan dengan inquiry (2,01:2) walaupun secara statistik tidak berbeda nyata (t = 0,119; P = 0,906 > 0,05), dan terdapat hubungan positif yang signifikan antara hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa yang dibelajarkan dengan PBL dan inquiry di SMK Negeri 4 Lhokseumawe (rPBL = 0,641,P = 0,001; rinq = 0,677, P = 0,000). Sebagai tindak lanjut dari hasil penelitian ini diharapkan kepada guru untuk dapat menerapkan strategi pembelajaran PBL dalam pembelajaran biologi tentang polusi lingkungan dalam upaya meningkatkan hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 577.207 1 Ata p |
Keywords: | Biologi; Polusi lingkungan; Pembelajaran inquiry; Berpikir kritis; Pembelajaran berbasis masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 05 May 2016 09:48 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3854 |