PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMA

Darwis and Tuah, Sahlan (2019) PENERAPAN MEDIA INTERAKTIF PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 TERHADAP MINAT BELAJAR FISIKA SISWA SMA. In: PROSIDING SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI PENDIDIKAN PERAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DALAM MENGEMBANGKAN DAN MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN PENDIDIK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0, 30 Nopember 2019, Digital Library Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
COVER PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf]
Preview
Text
DAFTAR ISI PROSIDING SNTP 2019.pdf - Published Version

Download (289kB) | Preview
[thumbnail of ATP 03.pdf]
Preview
Text
ATP 03.pdf - Published Version

Download (270kB) | Preview

Abstract

Penerapan media interaktif pada era revolusi industri 4.0 harus terus ditingkatkan untuk memperbaiki minat belajar siswa. Sebagian besar guru masih menggunakan media pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan minat belajar siswa rendah pada pelajaran fisika di SMA.
Keadaan tersebut menimbulkan kejenuhan, kebosanan, serta menurunkan minat, dan tentunya hasil belajar siswa rendah. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai motivator dan memanfaatkan media yang interaktif dalam
pembelajaran. Media interaktif pada era revolusi industri 4.0 perlu dikembangkan sebagai solusi
dalam memenuhi dan mengikuti perkembangan industri 4.0. Permasalahan penelitian ini bertujuan
untuk melihat pengaruh atau pun meningkatnya minat belajar kimia siswa dengan penerapan media
interaktif pada era revolusi industri 4.0. Guru dapat mengkondisikan siswa untuk lebih terlibat
secara aktif dalam pembelajaran, serta melatih minat belajar siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1
Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Metodologi penelitian yang digunakan adalah
penelitian eksperimen semu dengan membandingkan perlakuan kelas eksperimen. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa hasil belajar kimia siswa setelah dilakukan penerapan media interaktif dengan
media visual. Hasil tes pada kelas eksperimen menggunakan media interaktif lebih baik hasil
belajar fisika dari pada menggunakan media visual dengan selisih rata - rata kedua kelas adalah
6,08. Kesimpulan rata - rata angket minat belajar kelas eksperimen menggunakan media interaktif
adalah 20,85% dengan persentase 74,48% sedangkan kelas eksperimen-2 adalah 16,93 dengan
persentase 52,91%. Hasil data diatas dapat disimpulkan bahwa menggunakan media interaktif lebih
baik dari pada menggunakan media visual dalam meningkatkan minat belajar fisika siswa di SMA.

Item Type: Conference or Workshop Item (UNSPECIFIED)
Keywords: Minat Belajar; Media Interaktif; Revolusi Industri 4.0
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Depositing User: Mrs Yuni Chairani
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:53
Last Modified: 02 Mar 2020 08:53
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38535

Actions (login required)

View Item
View Item