Prasasti, Tri indah (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TEKS CERITA RAKYAT SUMATERA UTARA BERBASIS BLENDED LEARNING OLEH SISWA KELAS X SMK HARAPAN MEKAR-1 MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM 8176192033 COVER.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
2. NIM 8176192033 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
3. NIM 8176192033 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
4. NIM 8176192033 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (235kB) | Preview
5. NIM 8176192033 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 8176192033 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
7. NIM 8176192033 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM 8176192033 BAB I.pdf - Published Version
Download (554kB) | Preview
12. NIM 8176192033 BAB V.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
13. NIM 8176192033 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (351kB) | Preview
Abstract
Sumatera Utara memiliki cerita rakyat yang beragam dan akan lebih menarik jika
dikemas dengan menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning.
Media pembelajaran ini dikemas kedalam bentuk aplikasi android (mobile
learning) Hal ini disebabkan oleh siswa SMK jurusan TKJ yang sengaja
dibentuk untuk mendalami tentang teknologi informasi dan komunikasi ini akan
sangat bersahabat dengan media yang mereka gunakan, yaitu komputer dan
gawai. Selain penggunaan media pembelajaran yang sesuai dengan jurusan
peserta didik, mereka juga akan mendapatkan nilai kearifan lokal dari cerita
rakyat Sumatera Utara yang mereka pelajari. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangankan produk, mengetahui kelayakan pengembangan media, dan
mengetahui keefektifan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini
menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengambilan data
kuantitatif. Hasil penelitian sebagai berikut, pertama proses pengembangan
media menggunakan metode 4D Thiagarajan yaitu define (pendefenisian), design
(perancangan), develop (pengembangan), dan diseminate (penyebarluasan).
Kedua, hasil validasi oleh ahli materi dengan presentase rata-rata 96%, validasi
ahli media dengan presentase penilaian rata-rata 87%, uji coba perorangan
dengan presentase rata-rata 87%, uji coba kelompok kecil dengan presentase
rata-rata 88%, dan uji coba lapangan terbatas dengan presentase rata-rata 90%.
Hasil belajar pada materi teks cerita rakyat siswa kelas X SMK Harapan Mekar-1
Medan setelah menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning
dengan rata-rata nilai 82,81 dan rata-rata nilai sebelum menggunakan media
pembelajaran berbasis blended learning sebesar 67,65. Hal ini membuktikan
bahwa hasil belajar siswa dalam materi menulis teks cerita rakyat dengan
menggunakan media pembelajaran berbasis blended learning lebih tinggi dengan
selisih persentase dari pretest ke posttest adalah 15,16.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 813 Pra p |
Keywords: | blended learning, media pembelajaran, teks cerita rakyat Sumatera Utara |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 27 Feb 2020 02:54 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 02:54 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38501 |