Sirtegar, Siti Aisyah (2019) IMPLEMENTASI TEACHING FACTORY DALAM PENGEMBANGAN MODEL MANAJEMEN PELATIHAN MAHASISWA DIPLOMA TIGA TEKNIK MESIN FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. NIM. 8176132015 COVER.pdf - Published Version
Download (71kB) | Preview
2. NIM. 8176132015 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (730kB) | Preview
3. NIM. 8176132015 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
4. NIM. 8176132015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
5. NIM. 8176132015 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (95kB) | Preview
6. NIM. 8176132015 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
7. NIM. 8176132015 PREFACE.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
8. NIM. 8176132015 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (477kB) | Preview
12. NIM. 8176132015 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
13. NIM. 8176132015 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui desain teaching factory,
menganalisis manual desain teaching factory dan menganalisis
pengendalian mutu dan tindak lanjut dalam pengembangan model
manajemen pelatihan mahasiswa Diploma Tiga Teknik Mesin Fakultas
Teknik Universitas Negeri Medan. Penelitian ini menggunakan metode
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dengan
wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif
menggunakan teori Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa desain teaching factory pada mahasiswa diploma tiga teknik mesin di
kelompokkan berdasarkan pembelajaran, kompetensi lulusan, kurikulum
yang telah di terapkan, kerjasama industri dalam proses produksi, pekerjaanpekerjaan
yang dilakukan dalam industri, dan sarana dan prasarana. Manual
desain yang dilakukan dengan langkah-langkah meliputi: (1) melaksanakan
proses pembelajaran dan pelatihan dengan membantu mahasiswa
menghantarkan produk yang dibuat sesuai dengan kebutuhan industri atau
masyarakat pengguna. (2) Mengikuti alur teaching factory yang ada dan (3)
melakukan kerjasama dengan industri untuk menghadirkan pembelajaran
dan pelatihan sesungguhnya dengan dunia usaha/dunia industri.
Pengendalian mutu dan tindak lanjut belum dilaksanakan secara
berkelanjutan masih sebatas komunikasi antar dosen, unit produksi dan
mahasiswa. Mutu kegiatan teaching factory dalam manajemen pelatihan
harus mampu menciptakan budaya industri di bengkel Perlu di adakannya
kerjasama berkelanjutan dengan dunia industri untuk memperluas lapangan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.2 Sir i |
Keywords: | Implementasi teaching factory, teaching factory, manajemen pelatihan |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 07:37 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 07:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38458 |