Silvini, Yaumil (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA SMA BERBASIS BUDAYA ACEH. Masters thesis, UNIMED.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan
keefektifan bahan ajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif berbasis
budaya Aceh dan untuk menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan
menerapkan perangkat pembelajaran fisika menggunakan model pembelajaran
kooperatif berbasis budaya Aceh. Penelitian ini merupakan Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model 4-D meliputi tahapan define,
design, develop, dan disseminate yang dikemukakan oleh Thiagarajan dengan
pengujian terbatas. Bahan ajar fisika yang dikembangkan berupa buku guru, buku
siswa, tes hasil belajar. Aspek budaya Aceh diintegrasikan ke dalam fase-fase
model pembelajaran kooperatif. Kegiatan diskusi siswa dilakukan dengan pola
interaksi budaya Aceh yaitu bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan
yang diangkat dan ilustrasi yang diambil dari aspek budaya Aceh. Subjek dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XII MIA II SMAN 4 Takengon. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa bahan ajar fisika dengan model pembelajaran kooperatif
berbasis budaya Aceh telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.. Dan
terdapat peningkatan hasil siswa dengan kategori baik setelah menerapkan
perangkat pembelajaran fisika dengan model pembelajaran kooperatif berbasis
budaya Aceh.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 530.711 Sil p |
Keywords: | Pengembangan, Bahan Ajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Budaya Aceh, |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mr Maknun |
Date Deposited: | 17 Feb 2020 07:19 |
Last Modified: | 17 Feb 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38457 |