SINAGA, ADE RAMADHANI (2019) PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PENATAAN PRODUK SISWA KELAS XII BDP SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7151143003 COVER.pdf - Published Version
Download (15kB) | Preview
2. NIM. 7151143003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
3. NIM. 7151143003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (146kB) | Preview
4. NIM. 7151143003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
5. NIM. 7151143003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
6. NIM. 7151143003 TABLES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
8. NIM. 7151143003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (82kB) | Preview
9. NIM. 7151143003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
13. NIM. 7151143003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
14. NIM. 7151143003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
7. NIM. 7151143003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (81kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar Penataan Produk yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) lebih tinggi daripada dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori pada siswa kelas XII BDP SMKN 6 Medan T.A. 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh seluruh siswa kelas XII BDP 1 dan XII BDP 2 SMKN 6 Medan yang berjumlah 60 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling. Yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XII BDP 1 dan kelas XII BDP 2 yang seluruhnya berjumlah 60 orang. Dari hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 81, standar deviasi 7,5 dan varians sebesar 56,78. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71, standar deviasi 10,06 dan varians sebesar 101,26. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t diperoleh ttabel sebesar 1,67 dan thitung sebesar 4,59. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (4,59) > ttabel (1,67) maka hipotesis diterima, yang berarti hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) lebih tinggi dibanding hasil belajar ekonomi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Disimpulkan ada pengaruh positif dan siginifikan model pembelajaran Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar penataan produk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 NIAGA 005 |
Keywords: | Model Pembelajaran Project Based Learning, dan Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Bisnis |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:44 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 01:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38426 |