RAMBE, ASRIL ROBBY (2020) UPAYA PENGEMBANGAN SIKAP TOLERANSI MELALUI PEMBINAAN KEAGAMAAN DALAM MEMANTAPKAN CIVIC DISPOSITION SISWA DI SMA YAYASAN SULTAN ISKANDAR MUDA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 3151111003 COVER.pdf - Published Version
Download (58kB) | Preview
2. NIM. 3151111003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (534kB) | Preview
3. NIM. 3151111003 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. NIM. 3151111003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (404kB) | Preview
5. NIM. 3151111003 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (248kB) | Preview
6. NIM. 3151111003 TABLES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
7. NIM. 3151111003 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
8. NIM. 3151111003 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
9. NIM. 3151111003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (614kB) | Preview
13. NIM. 3151111003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
14. NIM 3151111003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (418kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan sikap toleransi melalui pembinaan keagamaan untuk memantapkan civic disposition siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualititatif menggunakan pendekatan deskriptif, yaitu dengan mengurai, menjelaskan dan menggambarkan sesuai permasalahan yang diangkat dalam proposal penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan item wawancara dan kemudian dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi dan penyajian. Penelitian ini dilaksanakan di Yayasan Sultan Iskandar Muda Jl. Tengku Amir Hamzah Pekan 1 Sunggal Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan. Penelitian menemukan bahwa terdapat beberapa upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam mengembangkan sikap toleransi siswa diantaranya melakukan rekayasa sosial seperti menciptakan lingkungan yang toleran dan pembinaan keagamaan melalui kelas keberagaman yang dilakukukan rutin setiap bulan dan dibina langsung oleh masing-masing guru agama. Pembinaan ini memuat konsep belajar bersama yang mengajarkan nilai-nilai agama dan pesan-pesan sosial kemasyarakatan, menumbuh kembangkan rasa persatuan yang tidak melenceng dari rambu-rambu agama yang diarahkan demi mengembangkan watak kewarganegaraan (civic disposition) siswa menjadi lebih baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PKN 002 |
Keywords: | Toleransi, Pembinaan, Civic Disposition |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religions. Mythology. Rationalism > BL624 Religious life L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Mrs Yuni Chairani |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:43 |
Last Modified: | 19 Feb 2020 03:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38373 |