Dwiyanto (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KEUDARAAN TARUNA ATKP MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 061188230051 Judul.pdf - Published Version
Download (59kB) | Preview
2. 061188230051 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. 061188230051 Abstrak.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
4. 061188230051 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
5. 061188230051 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
6. 061188230051 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
7. 061188230051 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
8. 061188230051 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
9. 061188230051 Bab I.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
10. 061188230051 Bab V.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
11. 061188230051 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (76kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan kelompok taruna yang diajarkan dengan Strategi Pengorganisasian Pembelajaran Elaborasi dengan Strategi Pembelajaran Ekspositori; (2) mengetahui hasil belajar Pengetahuan Keudaraan taruna yang memiliki Kemampuan Awal Tinggi dan Kemampuan Awal Rendah, dan (3) ada tidaknya interaksi antara Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Awal taruna terhadap hasil belajar Pengetahuan KeudaraanPenelitian ini dilaksanakan di Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan Medan semester II untuk tahun ajaran 2010/2011. Populasi berjumlah 118 orang taruna. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling 58 taruna. yang terdiri dari 30 taruna program studi Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Angkatan IV untuk strategi pembelajaran Elaborasi dan Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara Angkatan V untuk strategi pembelajaran Ekspositori. Tes kemampuan awal dilakukan untuk mengelompokkan taruna atas kemampuan awal tinggi dan kemampuan awal rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Uji statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif untuk menyajikan data dan dilanjutkan dengan menggunakan ANAVA dua jalur dengan taraf signifikan a = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffo. Sebelumnya dilakukan uji analisis berupa Normalitas dan Uji Homogenitas.Hasil penelitian menunjukkan : (1) hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Elaborasi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang diajar dengan strategi pembelajaran Ekspositori, dengan Fhitung = 98,04 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05; (2) hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar pengetahuan keudaraantaruna yang memiliki kemampuan awal rendah, dengan Fhitung = 16,22 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal taruna dalam mempengaruhi hasil belajar pengetahuan keudaraan dengan Fhitung = 19,54 > Ftabel = 4,03 pada taraf signifikan a = 0,05. Hipotesis ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran Elaborasi lebih tepat daripada strategi pembelajaran Ekspositori dalam meningkatkan hasil belajar pengetahuan keudaraan taruna, dan taruna yang memiliki kemampuan awal tinggi akan memperoleh hasil belajar lebih tinggi daripada taruna yang memiliki kemampuan awal rendah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Dwi p |
Keywords: | Pembelajaran elaborasi; Pembelajaran ekspositori; Pengetahuan awal; Pengetahuan keudaraan; Taruna |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 02 May 2016 19:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3812 |