RIZKI, ANGGITA EFA (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG MELAKUKAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM DAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA SISWA BERKEMAMPUAN AWAL TINGGI DAN RENDAH PADA MATERI LAJU REAKSI. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 4161131004 COVER.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
2. NIM. 4161131004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (276kB) | Preview
3. NIM. 4161131004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (213kB) | Preview
4. NIM. 4161131004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (343kB) | Preview
5. NIM. 4161131004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (65kB) | Preview
6. NIM. 4161131004 TABLES.pdf - Published Version
Download (33kB) | Preview
7. NIM. 4161131004 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
8. NIM. 4161131004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
9. NIM. 4161131004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (489kB) | Preview
13. NIM. 4161131004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
14. NIM. 4161131004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (510kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) mengetahui perbedaan hasil belajar pada siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) mengetahui interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Populasi dalam penelitian ini adalah adalah seluruh siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 13 Medan T.P 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan rancangan faktorial 2x2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes objektif untuk kemampuan awal, hasil belajar dan keterampilan proses sains siswa. Analisis data menggunakan Analisis of Varians (ANAVA).
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) ada perbedaan hasil belajar yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing, (2) ada perbedaan hasil belajar siswa yang berkemampuan awal tinggi dan rendah, (3) ada interaksi antara siswa yang melakukan praktikum dan siswa yang diperlihatkan laboratorium virtual berkemampuan awal tinggi dan rendah terhadap hasil belajar menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 KIM 023 |
Keywords: | PRAKTIKUM, LABORATORIUM VIRTUAL, HASIL BELAJAR, KEMAMPUAN AWAL SISWA |
Subjects: | T Technology > TP Chemical technology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 24 Apr 2020 06:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38044 |