PURWANTI, DIAN (2020) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI KELAS XI SMA SWASTA TUNAS PELITA BINJAI TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151141012 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4151141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
3. NIM 4151141012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4. NIM 4151141012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. NIM 4151141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
6. NIM 4151141012 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. NIM 4151141012 TABLES.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
8. NIM 4151141012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (119kB) | Preview
9. NIM 4151141012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
13. NIM 4151141012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan modul biologi berbasis saintifik pada materi sistem ekskresi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan produk 4-D. Model ini meliputi 4 tahap, yaitu: (1) define; (2) design; (3) develop; (4) disseminate. Penelitian ini dimulai sejak bulan Agustus-Oktober 2019 di SMA Tunas Pelita Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang dosen sebagai validator, 4 guru biologi serta 26 orang siswa kelas XI MIA SMA Swasta Tunas Pelita Binjai. Objek penelitian berupa modul biologi dengan pendekatan saintifik yang telah dikembangkan. Modul yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli pembelajaran, ahli desain grafis, guru, dan siswa. Data tentang kelayakan produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kelayakan modul menurut ahli materi pada aspek penyajian materi dan kebahasaan dengan nilai 3,1 dan 3,5 dengan kriteria layak dan sangat layak, menurut ahli pembelajaran modul dinilai pada aspek penyajian isi dan komponen pembelajaran saintifik keduanya dengan kriteria sangat layak (3,7 dan 4), , menurut ahli desain grafis pada aspek ukuran modul, desain sampul modul, dan desain isi modul dengan nilai 3,5, 3,25 dan 3,28 dengan kriteria sangat layak, layak dan layak, penilaian guru biologi sebesar 4 dengan kriteria sangat layak, uji coba kelompok terbatas dengan kriteria Layak. Dua guru biologi sepenuhnya setuju dengan produk akhir modul biologi berbasis saintifik dikategorikan diterima sebagai bahan pendukung untuk biologi dalam materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 BIO 019 |
Keywords: | Pengembangan, Modul, Pendekatan Saintifik, Dan Sistem Ekskresi |
Subjects: | Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:21 |
Last Modified: | 26 Mar 2020 02:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38040 |