SUANGGA, DWI (2020) PERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIAJAR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY DAN PROJECT BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN MESIN SEPEDA MOTOR PADA KELAS XI SMK N 1 LUBUK PAKAM TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 5143122010 COVER.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
2. NIM. 5143122010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (457kB) | Preview
3. NIM. 5143122010 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM. 5143122010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
5. NIM. 5143122010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
6. NIM. 5143122010 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 5143122010 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
8. NIM. 5143122010 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 5143122010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
13. NIM. 5143122010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
14. NIM. 5143122010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan menggunakan model pembelajaran Teaching Factory dan Project Based Learning terhadap hasil belajar pemeliharaan mesin sepeda motor kelas XI negeri 1 Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI. Pengambilan sampel di lakukan dengan cara teknik random sampling yaitu kelas XI TSM A berjumlah 26 siswa sebagai kelas eksperimen 1 diberi perlakuan dengan model Teaching Factory dan kelas XI TSM B berjumlah 23 siswa sebagai kelas eksperimen 2 diberi perlakuan dengan Project Based Learning. Instrument yang digunakan yaitu tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 28 soal. Sebelum dilakukan tes pada kedua kelas tersebut, terlebih dahulu diberikan perlakuan yang berbeda pada masing-masing kelas dalam jangka waktu dan pertemuan yang sama. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara yang diajarkan menggunakan model pembelajaran Teaching Factory dan Project Based Learning pada mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Sepeda Motor siswa kelas XI SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Hal ini ditunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 3,938 > 2,011 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Teaching Factory lebih tinggi dibandingkan Project Based Learning.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 OTM 005 |
Keywords: | Model pembelajaran,teaching factory, project based learning, hasil belajar, pemeliharaan mesin sepeda motor |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 11:20 |
Last Modified: | 24 Mar 2020 01:31 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38036 |