SIANIPAR, DUMA INDAH (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI POKOK ELASTISITAS DAN HUKUM HOOKE DI KELAS XI SEMESTER I SMA NEGERI 1 PANAI HULU T.P 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4151121020 COVER.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
2. NIM 4151121020 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (311kB) | Preview
3. NIM 4151121020 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (127kB) | Preview
4. NIM 4151121020 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM 4151121020 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
6. NIM 4151121020 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 4151121020 TABLES.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
8. NIM 4151121020 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
9. NIM 4151121020 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (292kB) | Preview
13. NIM 4151121020 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
14. NIM 4151121020 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (120kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI semester I SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dengan XIMIA-3 sebagai kelas ekperimen berjumlah 33 orang dan XIMIA-2 sebagai kelas kontrol berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes pengetahuan konseptual dalam bentuk essay yang telah divalidasi dengan jumlah 8 soal dan lembar aktivitas siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dikategorikan aktif dengan perolehan rata-rata pada pertemuan I, II, III sebesar 66,94% dan diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,06 dengan standar deviasi 7,75 sedangkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol 38,06 dengan standar deviasi 8,00. Kemudian dilakukan uji t dua pihak dengan data thitung < ttabel (0,52 < 1,998), yang artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah diberikan perlakuan yang berbeda, diperoleh nilai rata-rata postest kelas eksperimen 77,03 dan nilai rata-rata postest kelas kontrol 69,10. Kemudian dilakukan uji t satu pihak diperoleh hasil hitung t = 3,29 dan tabel t =1,67. Karena hitung t > tabel t maka o H ditolak dan a H diterima, hal ini menunjukkan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi pokok Elastisitas dan Hukum Hooke di kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hulu T.P. 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 FIS 028 |
Keywords: | Model Pembelajaran Tipe Group Investigation, Pengetahuan Konseptual Siswea, Elastisitas dan Hukum Hooke |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 12 Feb 2020 10:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2020 04:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37991 |