PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Ramadani, Rizka (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL ROUND CLUB TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI DALAM TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 01 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2153111037 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2153111037 COVER.pdf - Published Version

Download (522kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 2153111037 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 2153111037 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2153111037 ABSTRACK.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2153111037 ABSTRACK.pdf - Published Version

Download (576kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2153111037 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2153111037 PREFACE.pdf - Published Version

Download (637kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2153111037 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2153111037 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (488kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2153111037 LIST OF TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2153111037 LIST OF TABLE.pdf - Published Version

Download (489kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2153111037 CHART LIST.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2153111037 CHART LIST.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2153111037 APPENDIX LIST.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2153111037 APPENDIX LIST.pdf - Published Version

Download (546kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 2153111037 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 2153111037 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2153111037 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2153111037 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (672kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model Round Club terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi. Penggunaan model Round Club diharapkan mampu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam mengidentifikasi informasi teks deskripsi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan tahun pembelajaran 2019/2020. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VII Terpadu-5 yang berjumlah 30 siswa. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi sebelum dan sesudah menggunakan model Round Club. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 61,04 dengan standar deviasi 11,57; dan 2) kelompok pos test memiliki rata-rata 87,08 dengan standar deviasi 6,75. Hasil perhitungan uji normalitas, diperoleh: 1) kelompok pre test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,150 dan Ltabel = 0,161 maka Lhitung< Ltabel yaitu 0,150 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data pre test berdistribusi normal; 2) kelompok post test memperoleh harga Lh (Lhitung) = 0,142 dan Ltabel = 0,161 maka Lhitung< Ltabel yaitu 0,142 < 0,161. Hal ini membuktikan bahwa data post test berdistribusi normal. Hasil perhitungan uji hipotesis dengan tabel t pada taraf signifikan α = 0,05 dengan df = N-1, df = 30-1 = 29 pada taraf nyata α = 5% = 2,04. Dikarenakan thitung > ttabel, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dalam penggunaan model Round Club terhadap kemampuan mengidentifikasi informasi dalam teks deskripsi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 01 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2020 IND 036
Keywords: Kemampuan mengidentifikasi informasi, teks deskripsi, model Round Club
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P121 Science of language (Linguistics)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Cut Lidya Mutia
Date Deposited: 12 Feb 2020 10:42
Last Modified: 21 Feb 2020 06:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37975

Actions (login required)

View Item
View Item