Khairi, Amal (2017) PENERAPAN SMARTPHONE MELALUI APLIKASI SMOOTHBOARD DAN REMOTE MOUSE SEBAGAI MEDIA BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BANGUNAN KELAS X SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5133311014 COVER.pdf - Published Version
Download (129kB) | Preview
2. NIM. 5133311014 APROPAL SHEET.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. NIM. 5133311014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
4. NIM. 5133311014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (350kB) | Preview
5. NIM. 5133311014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (310kB) | Preview
6. NIM. 5133311014 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
7. NIM. 5133311014 TABLE.pdf - Published Version
Download (128kB) | Preview
8. NIM. 5133311014 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. NIM. 5133311014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (657kB) | Preview
13. NIM. 5133311014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
14. NIM. 5133311014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (228kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran dengan menggunakan media interaktif melalui aplikasi Smoothboard dan Remote Mouse dapat mendorong siswa untuk aktif dan fokus mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Rancangan penelitian ini adalah rancangan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilakukan di kelas X Program Keahlian Teknik Konstruksi Batu Beton yang terdiri dari 25 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil pengamatan melalui lembar observasi dan wawancara dari guru sebagai kolaborator. Indikator keberhasilan adalah aktivitas belajar siswa mampu mencapai nilai ≥ 75 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : taraf keberhasilan aktivitas siswa pada siklus I sebesar 75,08 %. Sedangkan pada siklus II taraf keberhasilan aktivitas belajar siswa sebesar 86,58 %, terjadi peningkatan sebesar 11,50 %. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 75,20% dengan persentase siswa ketuntasan adalah 80,00%, dan peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II adalah 85,40% dengan persentase ketuntasan adalah 100%. Kesimpulan pada penelitian ini adalah media pembelajaran dengan menggunakan aplikasi Smoothboard dan Remote Mouse dapat meningkatkan aktivitas belajar yang berdampak pada hasil belajar siswa. Guru sebaiknya menggunakan aplikasi Smoothboard dan Remote Mouse agar siswa dapat termotivasi, bersemangat dan fokus pada materi yang diajarkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 041 |
Keywords: | Aktivitas Belajar, Konstruksi Bangunan, Remote Mouse, Smoothboard, Remote Mouse |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 10:00 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 07:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37763 |