KETAREN, PRILLY VIOLETA (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII AK SMK NEGERI 1 PATUMBAK TAHUN PEMBELAJARAN 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142033 - COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 7133142033 - APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
3. NIM. 7133142033 - PREFACE.pdf - Published Version
Download (400kB) | Preview
4. NIM. 7133142033 - ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
5. NIM. 7133142033 - TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (285kB) | Preview
6. NIM. 7133142033 - TABLE.pdf - Published Version
Download (175kB) | Preview
7. NIM. 7133142033 - ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
8. NIM. 7133142033 - APPENDICES.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
9. NIM. 7133142033 - CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (381kB) | Preview
13. NIM. 7133142033 - CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
14. NIM. 7133142033 - BIBLIOGRAFY.pdf - Published Version
Download (323kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Negeri 1 Patumbak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) dan yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas XII AK di SMK Negeri 1 Patumbak tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Patumbak yang berlokasi di Jalan Pertahanan Ujung Patumbak pada tahun ajaran 2017/2018 dengan jumlah populasi 70 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling, dan berdasarkan rumus slovin, diperoleh jumlah sampel yang terdiri dari kelas eksperimen 30 siswa dan kelas kontrol 30 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal yang masing-masing terdiri dari 5 opsi yang dikutip penulis dari buku pelajaran Akuntansi Biaya kelas XII yang telah berstandard nasional sehingga validitas dan realibilitasnya telah teruji. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara menghitung nilai mean dan standar deviasi. Dari hasil analisis data diperoleh nilai rata-rata tes hasil belajar siswa kelas eksperimen 82,33 dengan standar deviasi 13,113 dan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa kelas kontrol 76,67 dengan standar deviasi 12,271. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung (1,72 ) > ttabel (1,67), yang berarti hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) lebih tinggi secara signifikan dari hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XII AK SMK Negeri 1 Patumbak pada tahun pembelajaran 2017/2018
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 182 |
Keywords: | Model Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) ; Metode Konvensional ; Hasil Belajar Akuntansi |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:05 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37757 |