Sianipar, Kasandra Mayanksari (2017) PENGARUH KREATIVITAS MENGAJAR GURU DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA SWASTA PRIMBANA MEDAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 713334153 COVER.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
2. NIM. 7133341053 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (453kB) | Preview
3. NIM. 7133341053 PREFACE.pdf - Published Version
Download (337kB) | Preview
4. NIM. 7133341053 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
5. NIM. 7133341053 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (121kB) | Preview
6. NIM. 7133341053 LIST OF TABLE.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
7. NIM. 7133341053 LIST OF ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 7133341053 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
9. NIM. 7133341053 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (464kB) | Preview
13. NIM. 7133341053 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
14. NIM. 7133341053 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (172kB) | Preview
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah apakah kreativitas mengajar guru dan minat belajar berpengaruh yang positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Swasta PRIMBANA Medan pada mata pelajaran ekonomi tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini dilakukan di SMA Swasta PRIMBANA Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta PRIMBANA Medan Tahun Pelajaran 2016/2017 yang berjumlah 98 orang, dimana teknik pemgambilan sampel dalam penelitian menggunakan metode total sampling yang artinya sampel total berjumlah 98 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuisioner dengan menggunakan rumus Product Moment, reliabilitasnya dihitung dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil perhitungan analisis regresi linier berganda diperoleh persamaan Y = a + b1X1 + b2X2 adalah Y = 33,912+ 0,187 X1+ 0,442 X2. Berdasarkan uji t (Parsial) ada pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru terhadap prestasi belajar dengan perhitungan t hitung > t tabel atau 4,131> 1,660 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05 sama halnya dengan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar dan prestasi belajar siswa dengan perhitungan t hitung > t tabel (10,622> 1.660) dengan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas mengajar guru dan minat belajar terhadap prestasi belajar siswa melalui uji F (Simultan) dengan perhitungan fhitung > ftabel atau 102,412 > 3,09 dan nilai sig. Sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa variabel kreativitas mengajar guru (X1), minat belajar (X2) , mempunyai pengaruh secara positif dan signifikan terhadap variabel prestasi belajar (Y) baik secara parsial maupun simultan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 EKO 148 |
Keywords: | KREATIVITAS MENGAJAR GURU, MINAT BELAJAR , PRESTASI BELAJAR |
Subjects: | H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:59 |
Last Modified: | 21 Feb 2020 08:41 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37753 |