Mairiza, Eva (2017) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN IMPROVE LEARNINGSISWA KELAS XII AKUNTANSI DI SMK NEGERI 7 MEDAN T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 7133142015_COVER.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
2. NIM. 7133142015_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
3. NIM. 7133142015_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (233kB) | Preview
4. NIM. 7133142015_ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
5. NIM. 7133142015_DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (85kB) | Preview
6. NIM. 7133142015_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 7133142015_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
8. NIM. 7133142015_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (109kB) | Preview
9. NIM. 7133142015_BAB I.pdf - Published Version
Download (491kB) | Preview
13. NIM. 7133142015_BAB V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 7133142015_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (328kB) | Preview
Abstract
Masalah penelitian ini adalah “Rendahnya kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 7 Medan”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XII akuntansi SMK Negeri 7 Medan melalui penerapan model pembelajaran Improve Learning di kelas XII akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 dengan subjek siswa kelas XII akuntansi 4 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dimana tiap siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencananaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam pengumpulan data teknik yang digunakan adalah lembar observasi kemampuan berpikir kritis belajar siswa dan tes hasil belajar siswa. Sedangkan untuk analisa data dilakukan dalam beberapa tahap yaitu kuantitatif dan kualitatif. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pre tes sebelum diadakannya tindakan pada siklus I adalah 63 dimana 38% siswa yang memenuhi standart ketuntasan belajar. Setelah dilakukannya tindakan siklus I nilai rata-rata 67 dengan 58% siswa yang telah mencapai standar ketuntasan belajar dan setelah diadakannya sikulus II nilai rata-rata mengalami peningkatan menjadi 75 dengan 80% siswa yang tuntas. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa juga menunjukkan peningkatan dari 20% pada siklus I menjadi 63% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Improve pada materi akuntansi biaya di kelas XII akuntansi 4 SMK Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 membuktikan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 AKT 187 |
Keywords: | Model Pembelajaran Improve Learning, kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 03:37 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37750 |