NASUTION, SITI DOHARNI (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN SMK NEGERI BINAAN PROVINSI SUMATERA UTARA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM.5132111012 COVER.pdf - Published Version
Download (100kB) | Preview
2. NIM.5132111012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (502kB) | Preview
3. NIM.5132111012 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (72kB) | Preview
4. NIM.5132111012 PREFACE.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
5. NIM.5132111012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (16kB) | Preview
6. NIM.5132111012 TABLE.pdf - Published Version
Download (7kB) | Preview
7. NIM.5132111012 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (4kB) | Preview
8. NIM.5132111012 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (8kB) | Preview
9. NIM.5132111012 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
13. NIM.5132111012 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (14kB) | Preview
14. NIM.5132111012 BIBLIOPGRAPHY.pdf - Published Version
Download (11kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan melalui penerapan model pembelajaran Index Card Match. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri Binaan Provinsi Sumatera Utara semester ganjil Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 22 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari satu kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observating), dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes hasil belajar. Dari hasil penelitian pada siklus I didapat aktivitas belajar siswa dengan kategori kurang aktif sebanyak 9 siswa, cukup aktif sebanyak 9 siswa, dan aktif sebanyak 4 siswa, sedangkan pada siklus II aktivitas siswa mengalami peningkatan yaitu kategori cukup aktif sebanyak 9 siswa, aktif sebanyak 9 siswa, dan untuk kategori sangat aktif sebanyak 4 siswa. Hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori tidak kompeten sebanyak 6 siswa dengan persentase 27,27%; cukup kompeten sebanyak 2 siswa dengan persentase 9,09%; kompeten sebanyak 8 siswa dengan persentase 36,36%; dan sangat kompeten sebanyak 6 siswa dengan persentase 27,27% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 81,42 dan belum kompeten secara klasikal dengan persentase keseluruhan 72,72%. Sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan yaitu kategori kurang kompeten sebanyak 2 orang dengan persentase 9,09%, cukup kompeten sebanyak 2 orang dengan persentase 9,09%, kompeten sebanyak 8 orang dengan persentase 36,36%, dan kategori sangat kompeten sebanyak 10 orang dengan persentase 45,45% dengan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 86,80 dan kompeten secara klasikal dengan persentase 90,90%. Hasil penelitian menunjukkan pengajuan hipotesis yang menyatakan bahwa penerapan model pembelajaran Index Card Match dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran konstruksi bangunan dapat diterima.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2017 BAN 044 |
Keywords: | AKTIVITAS;HASIL BELAJAR;INDEX CARD MATCH |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mr Fifri Juanda Harahap |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 09:58 |
Last Modified: | 24 Feb 2020 03:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/37748 |